Nggak Banyak yang Tahu, Ternyata Ada Berbagai Macam Jenis Transfer Antar Bank

Tak hanya menabung, alasan kebanyakan orang menggunakan bank tak lain adalah agar bisa bertransaksi uang baik mengirim atau menerima uang. Tak hanya sesama, bisa juga melakukan transfer antar bank. Kemudian kemudahan ini semakin bertambah seiring adanya sms hingga internet banking.

Kamu mungkin sering melakukan transfer antar bank atau sesama, tapi tahukah jika ternyata ada macam-macam lho jenis mekanismenya. Ada yang yang namanya sistem RTGS hingga real time. Biar pengetahuan soal perbankan makin bertambah, ada baiknya simak ulasan berikut ini.

Sistem transfer RTGS atau Real Time Gross Settlement

Sistem satu ini mungkin asing bagi sebagian orang karena para penggunanya adalah mereka yang melakukan transaksi besar. Jadi RTGS ini secara singkat adalah sistem transfer elektronik antar bank yang terhubung dengan jaringan Bank Indonesia (BI). Lewat sistem ini seseorang bisa melakukan transfer hingga seratus juta rupiah.

Sistem transfer Kliring

Sistem ini memungkinkan transfer elektronik dilakukan secara cepat dan aman. Untuk biayanya sendiri sekitar Rp3.500 per transaksi. Sistem ini biasanya dipakai pula untuk transfer dalam jumlah besar dengan batas hingga Rp500 juta. Tapi hal ini tergantung kebijakan masing-masing bank. Kliring sendiri bisa dilakukan hingga sembilan kali dalam sehari.

Sistem RTO atau Real Time Online

Dari semua sistem transfer, RTO ini mungkin yang paling banyak digunakan. Yup, sistem ini memungkinkan kita bisa transfer melalui ATM, internet, hingga SMS. Seperti namanya, uang yang ditransfer melalui sistem ini bisa langsung diterima saat itu juga. Untuk biayanya sendiri berkisar antara Rp5.000 hingga Rp7.500. Tapi umumnya biaya transfer akan gratis jika kepada sesama bank.

Sistem transfer diciptakan untuk memudahkan dalam mengelola keuangan. Untung zaman sudah canggih ya, sehingga sekarang kalau transfer tak harus ke bank terlebih dahulu.