Main Film, Maia Estianty Ternyata Cicit HOS Tjokroaminoto

Perfilman Indonesia kembali bersiap menayangkan tontonan berkualitas, kali ini film yang diangkat dari kisah hidup perjuangan pendiri partai Serikat Dagang Islam (SDI), Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Tjoroaminoto yang menjadi sentral perhatian. Film yang dibintangi oleh aktor papan atas tanah air Reza Rahardian dijadwalkan rilis bulan April ini.

Selain Reza Rahardian, film besutan sutradara Garin Nugroho ini juga dibintangi sederet bintang tenar kaya pengalaman, yakni Sudjiwo Tedjo, Maia Estianty, (Alm) Alex Komang, Egi Fedly, Ibnu Jamil, Christoffer Nelwan, Putri Ayudya, Deva Mahenra, dan Chelsea Islan.

Maia Estianty ~ sinetron.net
Maia Estianty ~ sinetron.net

Namun ada satu nama yang baru dalam ranah perfilman dan akting, yap siapa lagi kalau bukan Maia Estianty. Kita sama sama tahu kalau Maia adalah seorang musisi yang sering menciptakan lagu dan bernyanyi, namun kali ini karena permintaan khusus dari sutradara Garin Nugroho, Maia pun tak bisa menolak.

Usut punya usut, Maia adalah keturunan langsung atau cicit dari HOS Tjokroaminoto. Diakui Garin, pemilihan Maia ikut berperan dalam filmya kali ini adalah ingin menumbuhkan semangat perjuangan Tjokroaminoto. “Pemilihan Maia karena dia adalah cicit Tjokroaminoto. Kami ingin memunculkan spirit Tjokroaminoto dengan memilih Maia. Siapa lagi artis di Indonesia, perempuan, cantik, bisa menyanyi, dan berasal dari Surabaya. Ya, cuma dia orangnya,” jelas Garin.

Dalam film terebut Maia berperan sebagai ibu mertua HOS Tjokroaminoto namun awalnya Maia sempat ditawari casting sebagai Suharsikin, istri Tjokroaminoto. Namun, Maia menolak karena merasa dirinya terlalu tua untuk mengambil peran tersebut.

“Saya jarang main film. Ini karena dipaksa oleh keluarga besar Tjokroaminoto,” ujar Maia, di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. Maia bercerita lebih susah menghafal dialog ketimbang menyipatakan lirik lagu. “Saya minta scene sedikit karena menghafalkan dialog itu susah,” ujar mantan istri Ahmad Dhani ini. Meski tak banyak mendapat scene, akting Maia dipuji oleh sang sutradara. “Maia aktingnya bagus, meski hanya sebentar. Dialog yang dia ucapkan terlihat sangat bersemangat,” puji Garin.

Film yang berjudul “Guru Bangsa Tjokroaminoto.” ini diproduksi Pic[k]Lock. Kota-kota bersejarah seperti Ambarawa, Semarang, dan Yogyakarta ditampilkan untuk menghidupkan kembali suasana kota lama, lengkap dengan trem dan mobil-mobil pada masa itu. “Guru Bangsa Tjokroaminoto” dijadwalkan rilis pada 9 April serentak di seluruh bioskop Indonesia.

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.