“Maju Kena, Mundur Kena” Jakarta Biennale 2015

Jakarta Biennale 2015 merupakan sebuah perhelatan akbar karya seni rupa yang menjadi ajang bagi para kurator untuk Show Up dan berbagi. Tahun ini ada dua macam kurator yang ikut serta, seperti yang dikutip dari CNN Indonesia.

Tema Jakarta Biennale 2015

“Jadi ada dua macam kurator di perhelatan Jakarta Biennale tahun ini, yakni Emerging Curator dan Established Curator,” Kata Irma Chantilaty, salah seorang kurator muda dalam acara tersebut.

Jakarta Biennale 2015 ini mengusung tema “Maju Kena, Mundur Kena: Bertindak Sekarang”. Dan untuk pertama kalinya dalam acara ini turut berpartisipasi pula tokoh kurator asing dari Skotlandia, Charles Esche, yang juga menjadi mentor bagi para kurator muda di Indonesia. Charles Esche sudah sangat sering melihat dan merasakan beberapa perhelatan Biennale di berbagai negara, seperti acara Biennale di Gwangju pada tahun 2002, di Istanbul pada 2009, di Sao Paulo pada 2014, dan tahun ini dia akan berpartisipasi pada Biennale 2015 di Jakarta, Indonesia.

“Established Curator seperti Charles, jam terbangnya sudah tinggi dan memiliki banyak pengalaman di kancah Internasional,” kata Ima menambahkan.

Fathana Erlangga

Mahasiswa tanpa gelar yang sedang mencari jalan lurus. Rajin tidur agar semua mimpi tercapai. Pecinta wanita berambut panjang dan berkacamata. Masih terus belajar.