Makin Melejit, Album Ed Sheeran Capai 10 Juta Copy

Kemampuan bermusik Ed Sheeran tak perlu diragukan lagi. Hasil jerih payahnya selama bergelut di dunia musik kini berbuah manis. Pelantun Photograph tersebut patut berbangga hati sebab album keduanya yang bertajuk ‘x’ telah terjual lebih dari 10 Juta kopi. Fantastis!

Makin Melejit, Album Ed Sheeran Capai 10 Juta Copy. ~ billboard.com
Makin Melejit, Album Ed Sheeran Capai 10 Juta Copy. ~ billboard.com

Melalui akun Instagram, sahabat Taylor Swift ini mengumumkan kabar membanggakan itu. “Hallo, kami berhasil mendapatkan 10 juta unit untuk penjualan album X,” ucap Sheeran yang dilansir Digital Spy, Selasa (1/9/2015). Pada foto yang diunggahnya, terpampang angka-angka hasil penjualan fisik, digital, maupun streaming album tersebut.

Sebanyak 4,1 Juta kopi fisik album x telah terjual, diikuti 2 Juta kopi digital. TEA (track equivalent album) dan SEA (stream equivalent album) di mana 10 lagu dalam 1 album penjualan dihitung lebih dari 3 Juta. Sementara, YouTube SEA terhitung lebih dari 850,000 kopi.

Sementara itu, album x sendiri berisi lagu-lagu andalan dari Ed Sheeran yang dikenal jago dalam menulis lagu bertema tentang cinta. x telah dirilis pada 20 Juni 2014 yang berada di bawah naungan Asylum Records dan Atlantic Records.

Bukan kali pertama pelantun Thinking Out Loud itu mengukir pencapaian prestasi. Sebelumnya, pria berambut merah itu mendapat gelar kehormatan dari University of Suffolk (UCS) atas kontribusi di bidang musik. Pria 24 tahun ini juga sukses menggelar tur dunia, termasuk tiga malam berturut-turut di stadium Wembley Inggris.

Sebelumnya Sheeran pernah mengungkap jika jetelah keberhasilan ini, Sia akan mengambil cuti sebelum album barunya dirilis. “Saya belum istirahat sejak album pertama dan kedua. Kami telah tur selama lima tahun, tanpa istirahat. Saya sebetulnya ingin tinggal di rumah yang saya beli karena saya belum sempat menempatinya,” ucap penyanyi asal Inggris itu.

Selain dengan musik solonya, Ed Sheeran juga sering membantu musisi lain. Ia menciptakan beberapa lagu untuk One Direction, juga berkolaborasi dengan Taylor Swift.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.