Mari Kita Lindungi, Inilah Hewan-hewan Langka di Indonesia

Kita ini manusia tidak hidup sendirian di muka bumi. Masih ada makhluk lainnya yang sama-sama digariskan semesta menghidupi planet yang kian tua ini. Ada binatang, tumbuhan, bakteri, gogron, elf, hingga alien.

Khususnya ini hewan-hewan sudah makin miris karena jumlah keberadaannya di bumi ini semakin berkurang. Entah kerakusan pada manusia mengakibatkan hal ini mengalami kelangkaan.

Terus apa aja sih hewan-hewan langka, khususnya di bagian Nusantara ini yang saat ini sudah dalam masa darurat buat dikondisikan keberadaannya? Yuk, simak satu per satu berikut.

Orang Utan

orang utan hewan langka
orang utan hewan langka

Dia merupakan hewan endemik khas Indonesia. Bernama latinnya Pongo Pygmaeus ia menyebar di kawasan Borneo. Sayangnya karena kebakaran hutan, bergantinya hutan jadi lahan pertanian, hal itu berakibat pada berkurangnya hewan yang kepintarannya bisa sama dengan manusia itu.

Anoa

hewan langka anoa
hewan langka anoa

Hewan dengan bentuk kemiripan menyerupai kambing. Yang bikin beda cuma anoa punya tanduk dan ukuran tubuh agak besar sedikit. Anoa ini berhabitat asli kebanyakan di wilayah Sulawesi.

Burung Elang Jawa

elang jawa hewan langka
elang jawa hewan langka

Burung ini jadi ikonik pulau Jawa. Menyebar di hutan-hutan yang kian berkurang daerah Jawa. Populasi makin turun. Terdeteksi adalah kurang 200 jiwa tersisa.

Beruang Madu

beruang madu hewan langka
beruang madu hewan langka

Hutan-hutan Sumatera beralihfungsi jadi lahan sawit. Berakibat salah satu jenis yang hidup di hutan Sumatera ini juga menyusut. Disebut sebagai Beruang Madu, selain makanan pokok adalah madu, ia juga makan buah-buahan.

Harimau Sumatera

harimau sumatera hewan langka
harimau sumatera hewan langka

Raja hutan semakin lenyap. Kegarangan pada raut wajah dan taringnya takhluk pada keganasan manusia. Di kemudian hari mungkin saja anak dan cucu kita hanya mendengar kisahnya pada dongeng saja.

Maka itu sih kita sepatutnya turut menjaga alam semesta agar tetap pada alur kodratnya. Menjaga hewan-hewan ini supaya masih lestari.

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.