MARKOBAR, Kuliner Primadona Kota Solo di Pernikahan Gibran-Selvi Hari Ini

Sejak dari awal, Gibran Rakabuming Raka menegaskan bahwa yang akan dihidangkan di pernikahanya kali ini adalah kuliner khas dan tradisional kota Solo. Salah satunya yang sedang jadi perhatian banyak orang, dan membuat khalayak penasaran ingin mencicipi rasanya adalah sebuah menu yang diberi nama MARKOBAR.

Markobar, kuliner khas Solo Raya yang akan dihidangkan di pesta pernikahan Gibran dan Selvi Ananda pada hari ini~m.tribunnews.com
Markobar, kuliner Solo Raya dihidangkan di pesta pernikahan Gibran dan Selvi ~m.tribunnews.com

Markobar atau Martabak Kota Baru adalah kuliner yang sedang nge hits di kota Solo selama beberapa bulan terakhir ini. Gibran pun menyediakan menu ini di kafe yang dikelolanya sendiri. Dan seperti janjinya sebelum-sebelumnya, Markobar juga akan jadi menu primadona di pernikahanya dengan Selvi Hari ini selain berbagai menu tradisional lainnya.

Markobar sendiri prinsipnya adalah sejenis martabak manis seperti pada umumnya. Namun yang membuatnya unik dan berbeda adalah topping yang digunakanya. Ada nutella, candyabar, green tea, dan lain sebagainya. Umunya, Markobar yang dijajakan di kota Solo dan sering jadi buruan masyarakat hanya memiliki 8 rasa saja.

Namun di pernikahan putra Jokowi kali ini, Gibran mengungkapkan akan menyajikan 16 jenis varian rasa untuk Makobar. 16 varian rasa ini tentu saja belum diketahui publik secara luas, karena selama ini hanya 8 rasa saja yang menjadi pilihan di kafe putra orang nomor satu di Indonesia tersebut.

“Biasanya hanya ada martabak manis markobar delapan rasa, nanti kita munculin inovasi baru 16 rasa. Ada 16 rasa martabak, pokoknya nanti ada surprise,”papar Gibran merahasiakan apakah rasa tambahan dari inovasi Markobar yang akan terhudang di resepsi pernikahanya nanti.

Panitia pernikahan Gibran dan Selvi sendiri sudah mempersiapkan sekitar 400 loyang Markobar yang akan dihidangkan pada tamu ini. Dari 400 loyang tersebut, akan tersedia kurang lebih 3200 potong Markobar yang akan disuguhkan pada tamu di hari berbahagia Selvi dan Gibran ini.

Untuk membuat Markobar sebanyak itu, pihak panitian konon menghabiskan 70 kg tepung sebagai bahan baku utama kuliner khas kota Solo ini. Hidangan ini juga akan dimasak di sekitar tempat resepsi yakni Graha Saba Buana sehingga Markobrt terhidang fresh dan masih hangat.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.