Mempelai Wanita Tak Kenakan Make Up atau Perhiasan di Pernikahan, Simak Kisah Uniknya

Bagi kamu yang hendak bersiap menjadi mempelai wanita, kamu pasti tahu apa yang dibutuhkan untuk terlihat ekstra sempurna dan cantik di hari pernikahan. Dengan harapan semua orang akan menatap kagum ke arah kalian, beratnya gaun pernikahan atau perhiasan yang menempel di tubuh takkan jadi persoalan.

Tasnim Jara, wanita asal Bangladesh yang juga pendiri perusahaan startup kesehatan bernama Aroggo, dan mantan presiden Penasehat Muda PBB, memilih tak menggunakan perhiasan atau riasan ekstra di hari pernikahannya.

Ia menjalani resepsi pernikahannya di Dhaka, 15 Desember 2016, dengan mengenakan kain sari warisan sang nenek, tanpa make up maupun perhiasan.

Namun demikian, tindakan Tasnim itu bukannya tak mendapatkan reaksi keras dari keluarganya. Dan ia kemudian mengungkap alasan di balik tindakannya itu lewat sebuah tulisan di Facebook, yang diunggah pada 9 Agustus.

Tulisannya tersebut memancing tak kurang dari 102 ribu reaksi dan di-share hampir 27 ribu kali.

(c) Facebook.com/Dr.Tasnim.Jara

Tasnim mengatakan bahwa beberapa anggota keluarganya bahkan tak ingin berfoto dengannya, karena dirinya tak berdandan seperti yang mereka bayangkan sebagai mempelai wanita.

Tasnim mengaku ia tidak terlalu setuju dengan gambaran seorang pengantin wanita yang harus mengenakan makeup berlapis-lapis, gaun yang begitu berat dan menyusahkan, dan masih ditambah dengan berbagai perhiasan.

(c) Facebook.com/Dr.Tasnim.Jara

Selain itu, Tasnim juga menjelaskan bahwa semua penampilan tersebut tak lantas menunjukkan bahwa seorang mempelai wanita berasal dari keluarga kaya. Hal itu kadang terjadi di luar keinginan mereka sendiri.

Di tulisan yang sama, Tasnim menyebutkan bahwa masyarakat Bangladesh seperti mendukung budaya untuk menghabiskan uang untuk wanita, meski sebenarnya hal tersebut bukan untuk hal yang mereka senangi.

Tasnim kemudian memutuskan untuk tidak mengenakan make up ataupun perhiasan di hari pernikahannya. Hal tersebut sebagai perlambang perjuangan dan protes. Tasnim ingin semua perempuan di negaranya mendapat hak untuk menentukan pilihan mereka sendiri.

(c) Facebook.com/Dr.Tasnim.Jara

Tasnim menentang tradisi yang memaksa para wanita melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Salah satunya adalah mengenakan riasan dan makeup berlebihan ketika menikah.

Untuk menutup tulisannya, Tasnim mengaku bangga dengan tampilan sederhana yang ia usung di pernikahannya. Bagi orang lain, hal tersebut mungkin tampak biasa saja, namun bagi apa yang dipercaya Tasnim, hal ini begitu berharga.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.