Mengaku Punya Hak Imunitas, Farhat Abbas Tidak Bisa Dipidanakan

Meras tak puas dengan putusan hakim atas kasus hukum yang pencemaran nama baik yang dilakukannya terhadap Ahmad Dhani, Farhat Abbas pun kembali mengajukan pra-peradila jilid 2. Dalam tuntutannya, mantan suami Nia Daniaty tersebut meminta pelimpahan kasus, dan status tersangka pada dirinya ke Kejaksaan Tinggi ditunda hingga praperadilan jilid 2 selesai.

Mengaku Punya Hak Imunitas, Farhat Abbas Tidak Bisa Dipidanakan. ~ liputan6.com
Mengaku Punya Hak Imunitas, Farhat Abbas Tidak Bisa Dipidanakan. ~ liputan6.com

Semetara itu, Farhat Abbas mengaku dirinya mempunyai hak imunitas sebagai seorang pengacara, dengan demikian dirinya harus dilindungi secara hukum. Dan seharusnya, pelimpahan berkas dirinya terlebih dahulu dikordinasikan dengan organisasi profesi yang menaunginya.

“Apalabila seorang advokat dipandang melakukan pelanggaran, atau berbuat hal yang kurang pantas seperti menyampaikan sesuatu yang dianggap terlalu tajam, maka advokat yang bersangkutan harus diadukan terlebih dahulu melalui mekanisme sidang kode etik profesi advokat,” ujar Farhat Abbas

Farhat Abbas pun mengatakan kalau dirinya tidak bisa dituntut secara pidana. Apalagi kasus yang menimpanya ini hanyalah delik aduan.

“Ini kan kasus delik aduan, bukan persoalan negara. Hanya berbalas kata saja. Saya memiliki hak imunitas sebagai advokat yang tidak bisa di tuntut pidana atau perdata, terutama kasus delik aduan yang menyangkut kepentingan profesi sebagai advokat,” pungkasnya.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.