Mengenal Multiple Sclerosis, Penyakit Langka yang Merenggut Nyawa Pepeng “Jari-Jari”

Kabar duka baru saja kembali menyelimuti panggung hiburan tanah air, komedian senior Pepeng atau yang memiliki nama asli Ferrasta Soebardi akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada pagi i ni tepatnya pukul 10 WIB. Pepeng akhirnya menyerah dengan penyakit multiple sclerosis yang telah menggerogotinya selama bertahun-tahun ini.

Baca : Akhir Perjuangan Pelawak Pepeng “Jari-Jari” Yang Meninggal Hari Ini

Pepeng sudah menderita penyakit langka multiple scelerosis sejak 2005 silam. Penyakit ini membuat Pepeng harus beristirahat total di tempat tidur. Lalu apa sebenarnya multiple sclerosis itu? Multiple sclerosis atau disingkat MS adalah penyakit yang menyerang sistem saraf pusat, tepatnya otak dan sumsum tulang belakang. Saat ini, belum ada obat untuk penyakit ini, namun ada cara-cara untuk memperlambat prosesnya. Di Australia, sekitar 23.000 orang mengalami kondisi ini.

Komedian Pepeng Meninggal Dunia karena penyakit Multiple Sclerosis ~ fajar.co.id
Komedian Pepeng Meninggal Dunia karena penyakit Multiple Sclerosis ~ fajar.co.id

Multiple Sclerosis merusak lapisan berlemak yang meliputi saraf, hingga lapisan tersebut terluka oleh titik-titik di mana jaringan mengeras, hingga saraf tak bisa menangani rangsangan secara semestinya, dan ini berpengaruh pada kerja tubuh, seperti gerakan, rangsangan, bahkan proses berfikir.

Belum dipastikan apa yang menyebabkan MS. Namun, seringkali diduga MS adalah penyakit autoimmune, dimana sistem kekebalan tubuh memerangi sel-selnya sendiri. Dalam kasus MS, yang diserang adalah lapisan yang meliputi saraf. MS lebih sering menyerang mereka yang tinggal di Eropa, Kanada bagian selatan, Amerika Serikat bagian utara, Selandia Baru dan Australia bagian Tenggara, terutama Tasmania. Kemungkinan terkena penyakit ini lebih besar tujuh kali lipat bagi mereka yang memiliki orang tua atau saudara kandung yang juga mengalami MS. Belum ada bukti bahwa ada vaksinasi terkait dengan MS.

Penyakit Multiple Sclerosis ~ health.howstuffworks.com
Penyakit Multiple Sclerosis ~ health.howstuffworks.com

Meski Pepeng diharuskan beraktivitas hanya di tempat tidurnya, Pepeng pun aktif menjalankan beberapa bisnis online dibidang penjualan domain. Dia juga menjadi penggagas gerakan sosial pendidikan Indonesia, sebuah gerakan yang peduli terhadap pembangunan sekolah-sekolah yang roboh. Selain aktif menulis artikel, Pepeng juga sempat meluncurkan sebuah buku yang diberi judul ‘Di Balik Jari-Jari’. Buku ini menurut Pepeng lebih diposisikan sebagai buku motivasi bagi para pembacanya.

Selamat jalan Om Pepeng, semangat serta motivasi mu berjuang memberikan banyak inspirasi bagi pemuda Indonesia..

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.