Mengenal Sophie Taeuber-Arp, Yang Karyanya Dijadikan Google Doodle Hari Ini

Doodle geometris khas Sophie Taeuber-Arp bisa dilihat pada laman Google pada hari ini. Nama Sophie Taeuber-Arp mungkin sangat asing ditelinga banyak orang. Dan bisa dipastikan sosoknya tak begitu dikenal juga oleh masyarakat Indoneia. Tapi Google tak mungkin menjadikan karyanya sebagai doodle art hari ini jika sosok Sophie Taeuber-Arp tidak spesial.

Google Doodle hari ini memepringati ulang tahun seniman legendaris Sophie Taeuber-Arp~google.co.id
Google Doodle hari ini memperingati ulang tahun Sophie Taeuber-Arp~google.co.id

Sophie Taeuber-Arp adalah seorang seorang artis, pelukis, pematung dan juga penari dari Swiss. Sophie lahir di kota Davos, Switzerland dengan nama lengkap Sophie Henriette Gertrude Taeuber, pada tanggal 19 January 1889. Meski namanya terbilang asing ditelinga kita, Sophie ternyata diketahui sebagai seniman paling penting dan berpengaruh dalam perkembangan seni geometrik abstrak abad 20an.

Sophie Taeuber-Arp diketahui dengan karya-karya geometrisnya yang indah, dan punya banyak makna didalamnya. Sepintas lalu memang karya Sophie Taeuber-Arp seolah tak bisa dilihat dan dipahami, seperti yang terlihat di Google Doodle hari ini. Namun karya-karya Sophie Taeuber-Arp dikalim sebagai seni geometri paling sempurna, baik dari segi bentuk; ukuran atau juga komposisi warnanya.

Sosok legendaris Sophie Taeuber-Arp yang diabadikan oleh Google Dodle hari ini~ sugswritersblog.blogspot.com
Sosok legendaris Sophie Taeuber-Arp~ sugswritersblog.blogspot.com

Dikarenakan kontribusinya yang besar ini, sosok Sophie Taeuber-Arp diabadikan wajahnya dalam mata uang kertas pecahan 50-franc di Swiss sejak 1995 yang lalu. Sophie juga jadi wanita satu-satunya yang wajahnya diabadikan dalam bentuk mata uang negara tersebut. Ini adalah bentuk penghormatan pada sosok Sophie sebagai seniman geometris paling berpengaruh hingga saat ini.

Untuk menghormati Sophie pulalah Google Doodle hari ini menggunakan bentuk geometris tepat pada ulang tahunya ke 127. Jika dilihat, logo Google hari ini tak lebih dari lukisan abstrak yang untuk sebagian orang sangat sulit dipahami. Tapi bagi mereka penggemar karya abstrak geometris, doodle kali ini adalah penghormatan istimewa untuk sang seniman legendaris, Sophie Taeuber-Arp.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.