Mengenang Perjalanan Karir Mpok Nori Yang Meninggal Dunia Hari Ini

Mendung duka agaknya belum mau untuk berpaling dari dunia entertainment Indonesia. Pasca wafatnya komedian Olga Syahputra, kini sosok komedian senior Mpok Nori dikabarkan juga tutup usia. Mpok Nori dikabarkan telah meninggal dunia di usianya yang menyentuh angka 84 tahun.

Perjalanan Karir Mpok Nori sebagai komedian
Perjalanan Karir Mpok Nori sebagai komedian senior Indonesia~politik.news.viva.co.id

Meski masih simpang siur, namun berita ini kini mulai ramai diberitakan di sosial media. Bahkan beberapa stasiu TV swasta juga telah memberitakan berita tentang wafatnya Mpok Nori ini. Namun berita meninggalnya sang komedian pertama kali dirilis oleh fanpage Bens Radio 1062 Jakarta. Radio yang sangat akrab dengan masyarakat Betawi ini mengabarkan bahwa komedian jenaka ini tutup usia hari ini pada pukul 7:40 pagi.

Berita ini kemudian dikonfirmasi oleh pihak Global TV yang langsung melakukan liputan ke rumah duka Mpok Nori. Saat ini, mpok Nori dikabarkan telah disemayamkan di rumah duka di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Hingga berita ini dibuat, belum terlihat sosok sahabat selebritis yang menyambangi rumah duka almarhumah Mpok Nori. Kabarnya, Mpok Nori sendiri akan dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur namun kapan tepatnya, belum ada konfirmasi dari pihak keluarga.

Mpok Nori atau yang bernama lengkap Nuri Sarinuri ini lahir di Jakarta pada 10 Agustus 1930. Mpok Nori adalah sosok yang begitu mencintai budaya Betawi yang telah dilakoninya sedari muda. Di masa mudanya, wanita jenaka ini memulai karirnya dalam dunia seni dengan menjadi penari topeng. Ia kemudian bergabung dalam sanggar yang diasuh oleh Haji Bokir bernama Setia Warga.

Sejak saat itu, Mpok Nori aktif mengikuti pentas kesenian masyarakat Betawi terutama pagelaran tari topeng dan lenong yang memang menjadi kehalianya. Namun seiring dengan perjalanan waktu, kesenian Jakarta seperti tari topeng dan lenong ini seolah terpinggirkan dan Mpok Nori pun semakin tenggelam dan menghilang. Akan tetapi, Mpok Nori ternyata tak menyerah begitu saja. Wanita ini masih terus melestarikan kesenian Betawi ini meski dengan bayaran yang seadanya.

Karir Mpok Nori kembali menanjak ketika usianya sudah 74 tahun. Hal ini bermula ketika Mpok Nori diminta bermain dalam sitkom berjudul Pepesan Kosong. Sejak saat itu, Mpok Nori kembali tenar dan menghisai layar kaca dengan kelucuan dan gaya bicaranya yang nyablak. Mpok Nori juga sering diundang untuk hadir dalam acara-acara seprti sahurnya OVJ dan juga Opera Van Java.

Namun kini, Mpok Nori telah tiada. Tubuh rentanya sudah tak mampu lagi untuk menerima gempuran penyakit yang menyerangnya. Mpok Nori pun akhirnya menyerah pada penyakit dan usia tuanya hari ini, 3 April 2015. Terimakasih Mpok Nori sudah menghibur dan membuat kami tertawa, sosok mu tak kan pernah tergantikan sampai kapanpun. Selamat Jalan.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.