Mengidap Hepatits B, Liver Amitabh Bachan Rupanya Hanya Berfungsi 25 Persen

Siapa sangka jika legenda aktor Bollywood, Amitabh Bachan yang kerap tampak sehat dan prima jika tampil di depan publik, ternyata menyimpan sebuah penyakit mematikan di dalam tubuhnya. Aktor berusia 73 tahun ini ternyata mengidap Hepatitis B yang membuat fungsi livernya menurun drastis.

Mengidap Hepatits B,  Liver Amitabh Bachan Rupanya Hanya Berfungsi 25 Persen ~ news.india.com
Mengidap Hepatits B, Liver Amitabh Bachan Rupanya Hanya Berfungsi 25 Persen ~ news.india.com

Seperti dilansir Indian Express, Rabu (25/11), diakui oleh Amitabh Bachchan sendiri bahwa saat ini dirinya hidup dengan liver yang hanya berfungsi 25 persen saja. Selebihnya sudah habis diserang oleh virus Hepatitis B yang menyerangnya beberapa tahun belakangan.

“Hepatitis B datang kepadaku tanpa disengaja. Setelah aku mengalami kecelakaan syuting film COOLIE, aku mendapatkan donor darah dari 200 orang, dan ada 60 botol yang dimasukkan ke dalam tubuhku. Ternyata salah satu donor itu mengidap hepatitis B, dan akhirnya menyerang liverku,” ujar Amitabh Bachchan.

Pria yang akrab disapa Big B ini menyatakan bahwa ia baru tahu kalau kena hepatitis B tiga bulan belakangan ini. Padahal sudah 18 tahun silam ia mendapatkan donor darah, dan selalu melakukan general check up setiap tahunnya.

“Hampir 18 tahun setelah kecelakaan itu, baru sekarang aku tahu kalau 75 persen liverku sudah tidak berfungsi. Itu kabar buruknya. Kabar baiknya, manusia tetap bisa hidup sampai livernya hanya berfungsi 12 persen. Tapi siapa yang mau sampai tahap itu,” lanjut Big B.

Kendati demikian, Amitabh Bachchan tidak patah semangat. Ia tetap melakukan kegiatannya seperti biasa, dan selalu menunjukkan senyum bahagia kepada semua orang. Menyadari bahwa ada banyak orang yang bisa kena penyakit yang sama,Big B pun ikut berkampanye untuk memberikan kesadaran kepada publik tentang virus yang satu ini.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.