Merasa Depresi ? Coba 12 Cara ini Agar Kamu Merasa Lebih Baik

Pekerjaan yang banyak terkadang membuat perasaan depresi muncul. Apalagi jika pekerjaan tersebut tidak kelar dalam waktu yang ditentukan, pasti perasaan akan tiba-tiba menjadi depresi atau nggak mood. Atau di putusin pacar ? Bisa saja menjadi alasan kenapa kamu menjadi depresi hari ini.

DepresiMeskipun terkadang sulit untuk menghilangkan perasaan depresi tersebut, tetapi cobalah beberapa cara ini agar kamu dapat merasakan lebih baik secara cepat.

1. Memberi Tahu Kepada Seseorang

Memberi TahuDengan Memberi Tahu masalah kamu ke seseorang spesial tentunya dapat membuat perasaan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berbicaralah dengan jujur kepada seseorang tersebut dengan masalah yang menjadi perusak suasana hati mu. Tetapi, pastikan tempat curhat yang kamu pilih dapat kamu percaya.

2. Keluarlah!

keluarlah!Jika kamu merasakan depresi jangan berdiam diri dari keterpurukan. Keluarlah! dan nikmati semua kegiatan-kegiatan yang dapat membuat kamu tersenyum lebar dan tertawa dengan keras. Jangan memendam semuanya didalam kamar dan tidak pernah bersosialisasi dengan dunia luar, itu akan membuat kamu lebih depresi.

3. Bergeraklah!

Bergeraklah!Meskipun kamu telah keluar dari ruangan depresimu, percuma jika kamu tidak melakukan pergerakan apapun yang tidak membuat badanmu menjadi lebih segar sehingga membuat pikiranpun menjadi lebih jernih. Cobalah untuk bergerak, melakukan sesuatu seperti olahraga. Bergeraklah!

4. Tarik Nafas 

Tarik NafasHal yang dapat kamu lakukan untuk menurunkan depresi adalah dengan menarik nafas dalam-dalam. Racun yang ada dalam darah dapat hilang dengan memberikan banyak oksigen dalam darah sehingga pikiran kamu pun menjadi lebih jernih dan tidak merasa berat.

5. Tinggalkan Orang yang Membuat Kamu Terpuruk

MeninggalkanSiapapun yang membuat dirimu menjadi lebih buruk dan membebani perkembangan diri kamu, Tinggalkan. Meskipun itu sosok yang kamu sukai seperti sahabat atau pacar. Lupakan agar kamu dapat bebas dari perasaan terkekang dan merasakan kebebasan sehingga perasaan depresi tidak lagi menghampirimu.

6. Kerjakan Sekarang dan Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda PekerjaanKerjakan Sekarang pekerjaan-pekerjaan yang menurut kamu dapat kamu kerjakan saat itu. Jangan membiarkan pekerjaan menumpuk dan pada akhirnya kamu merasa tidak bisa mengerjakan semuanya padahal sebelumnya ternyata pekerjaan itu sangat mudah bagimu.

7. Cobalah Untuk Makan

MakanDepresi yang kamu rasakan bisa saja karena kamu sedang lapar. Cobalah Untuk Makan. Biarkan lidah dan perutmu merasakan makanan-makanan yang lezat sekali-kali. Kamu juga dapat membeli makanan-makanan ringan yang membuat perutmu tidak pernah kosong.

8. Tolong Orang yang Membutuhkan Pertolongan

MenolongCara lain untuk mengurangi depresi kamu yaitu dengan mencoba menolong orang lain yang membutuhkan pertolongan. Dengan begitu, kamu dapat merasakan kesusahan orang lain yang dapat memberimu pengertian kalau di dunia ini tidak ada yang mudah. Hal seperti itu dapat memberikan kamu motivasi tersirat.

9. Mengubah Lingkungan

Mengubah LingkunganCobalah untuk mengubah lingkungan yang ada disekitar mu termasuk bentuk kamar. Ubah dan coba rasakan perbedaannya. Terasa penat yang kamu rasakan mungkin tiba-tiba hilang. Selain kamar, kamu juga dapat membersihkan lingkungan yang ada disekitarmu kemudian rasakan hijaunya.

10. Minumlah Air

Minum AirDengan meminum air secukupnya kamu dapat merasakan lega. Meskipun hanya segelas, air ternyata dapat membuat perasaan depresi mu itu hilang. Minumlah!

11. Mendengarkan Musik

Mendengarkan MusikCara ampuh bagi seorang remaja yang merasakan depresi karena patah hati biasanya adalah mendegarkan musik, menonton film, atau menyanyi. Hal-hal seperti itu dapat membuat kamu merasakan di dunia yang berbeda dan seakan-akan masalah yang kamu alami tidak ada.

12. Melihat Ke Dalam Diri Sendiri

Melihat diri sendiriSetelah melakukan semua hal diatas jika tidak mengubah apapun, cobalah untuk melihat ke dalam dirimu sendiri. Munculkan perasaan syukur yang lebih lagi. Percaya kepada diri sendiri dan cobalah untuk memberikan motivasi kepada diri kamu sendiri dengan mengatakan Saya Bisa!

Iqbal Nugroho

Pria yang bernama Iqbal Haryadi putra bungsu dari clan Nugroho, berharap tulang rusukku kelak yang bisa merubah kebiasaan burukku perlahan