Meski Kekinian, Berhati-hatilah Sewaktu Unggah Foto di How-old.net

Kekinian ini di media sosial mana pun lagi ramai penggunanya unggah foto dirinya dengan perkiraan umur dari suatu aplikasi. Aplikasi ini adalah bikinan Microsoft yang beralamat di How-old.net. Bila hendak mencobanya, kamu bisa ikuti tutorial aplikasi pendeteksi umur. Namun jangan sembarangan unggah foto, loh. Karena ada disclaimer atau TOS dari Microsoft yang pasti kamu terlewat membacanya.

TOS atau Term of Use adalah semacam peraturan penggunaan dari pembuat aplikasi yang harus dipatuhi oleh penggunanya. Namun kerapkali TOS ini terlewatkan dan terabaikan begitu saja.

Ya, sekadar mengingatkan saja, bahwa peraturan di How-old.net adalah foto kamu yang diunggah di situs aplikasi tersebut bisa digunakan secara bebas oleh Microsoft. Entah dalam tujuan apa saja, misalkan: foto kamu bisa digunakan untuk keperluan iklan, atau hal lainnya.

Ini petikan TOS di situs aplikasi pendeteksi umur tersebut:

peraturan how-old
peraturan how-old

Salah seorang pengguna Twitter bernama @Walldo pun telah mengingatkan di salah satu kicauannya mengenai hal ini.

menggunakan aplikasi umur

Tentu seperti ini supaya kalian tetap berhati-hati sebelum menggunakan suatu produk. Dan kini pilihan di tangan kamu, ingin setuju foto kamu tersebar luas dan dipergunakan secara bebas oleh Microsoft, atau ingin berhati-hati terhadap privasi foto kamu.

Irfan A. Ofa

Masih-mahasiswa. Masih-manusia. Pemerhati dan Pegiat Dunia Internet. Blogger. Ads-Publisher. Percaya alien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.