MUI Sebut PBJS Haram, Tio Pakusadewo Beri Tanggapan

Belum lama ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram terhadap Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dianggap tidak sesuai syariat Islam. Fatwa itu kemudian mendapat respon masyarakat. Tak terkecuali dari kalangan selebriti. Salah satunya adalah aktor Tio Pakusadewo.

MUI Sebut PBJS Haram, Tio Pakusadewo Beri Tanggapan. ~ okezone.com
MUI Sebut PBJS Haram, Tio Pakusadewo Beri Tanggapan. ~ okezone.com

Bintang film Bilur Penyesalan ini justru mengecam keras apa yang dilakukan MUI. “Gimana kalau saya yang mengharamkan MUI di Indonesia? MUI itu manusia semua isinya, memang mereka nabi? Orang Indonesia kadang nggak masuk akal, apa hak mereka dan siapa yang mengangkat mereka,” kecam Tio Pakusadewo.

Lebih lanjut, ia meragukan ilmu agama yang mereka pahami. “Kalau dia belajar Islam yang benar, pasti tahu apa yang nabi bilang. Semua berawal dari niat atau perintah Tuhan yang pertama adalah iqro (baca), artinya mereka tahu nggak? Nggak sekedar membaca saja tapi juga memahami,” lanjutnya.

Baginya BPJS merupakan anugerah yang mampu menolong orang-orang kurang beruntung dalam mengobati penyakitnya. “Berapa orang yang sudah tertolong BPJS? Contohnya Ria Irawan. Nggak cuma itu saja, tapi berapa juta orang di luar sana tertolong. Kadang MUI sudah kehilangan gaya, main haram-haram saja,” ujarnya.

Kesal dengan fatwa haram yang dikeluarkan MUI, Tio Tio menduga fatwa tersebut dikeluarkan tak lebih karena adanya unsur politik.  “Bisa saja itu erat kaitannya sama politik.  Saya anggota BPJS, ada kartunya kok. Walau belum pernah saya pakai,” tutupnya.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.