Muncul Wacana Jadikan Nikita Mirzani Sebagai Tersangka Kasus Prostitusi

Status korban yang dialamatkan pada artis Nikita Mirzani dirasa kurang tepat bagi beberapa kalangan, tertama para paraktisi hukum di Indonesia. Mereka beranggapan sangkaan pasal human trafficking dan exploitasi kurang tepat untuk menjerat Nikita Mirzani dan Putty Revita. Dikarenakan apa yang mereka lakukan bukan termasuk dalam tindakan paksaan tapi dilakukan secara sukarela.

Menurut praktisi hukum, Nikita Mirzani dianggap bukan korban dalam kasus prostitusi melainkan pelaku~www.bacasini.com
Nikita Mirzani dianggap bukan korban kasus prostitusi melainkan pelaku~www.bacasini.com

“Kalau inikan lain, si calonya itukan terima upahnya justru dari pihak pelakunya yaitu Nikita Mirzani, ini logikanya kan nggak nyambung, itukan berati hanya penghubung saja dia, dia mencari mangsa, dapat uang fee, istilahnya kalau ada proyek, dia yang nyariin proyek dan dapat uang fee lah,” beber Pakar Hukum Pidana, Mudzakir.

Mudzakir juga mengatakan bahwa Polisi harus bisa membedakan antara wanita yang dipaksa untuk jadi seorang PSK dan mereka yang sukarela melakukan tindakan asusila ini. “Sementara ini tidak, polisi harus bisa membedakan itu dan jangan sampai mencampur adukan antara perempuan benar-benar menjadi korban, kalau ini perempuan sebagai pelaku, karena istilah bahasnya dia adalah melacurkan diri atau melakukan prostitusi sendiri dengan fasilitas calo,” tambah Mudzakir lagi.

Kriminolog sekaligus pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel mengatakan hal senada terkait status korban yang disandangkan pada Nikita Mirzani. Reza dengan tegas mengatakan bahwa ibu dua anak ini dan Putty Revita bukanlah korban namun tersangka dalam kasus prostitusi kali ini.

“Apakah NM (Nikita Mirzani) memenuhi kriteria sebagai orang yang tereksploitasi? Saya rasa tidak. Faktanya, dia dan tak sedikit orang sukarela, berencana dan sengaja melacur.Sehingga, secara substansif, sesungguhnya dia (Nikita) jelaslah bukan korban, melainkan pelaku juga,” kata Reza .

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.