Musik Indonesia Lagi Lesu, Bondan Parkoso Pilih Jalur Indie

Lama tak muncul di layar kaca, rupanya penyanyi Bondan Prakoso kini tenagh menggeluti jalur musik independen alias indie. Diakuinya, mantan penyanyi cilik tersbut merasa bahwa industri musik Tanah Air saat ini sedang merana lantaran tak kunjung bisa menghapus pembajakan yang begitu merajalela di Indonesia.

Musik Indonesia Lagi Lesu, Bondan Parkoso Pilih Jalur Indie ~ liputan6.com
Musik Indonesia Lagi Lesu, Bondan Parkoso Pilih Jalur Indie ~ liputan6.com

Hal inilah yang mendorong pelantun Si Lumba-Lumba tersebut untuk beralih ke musik indie, “Saya lagi belajar industri musik indie, soalnya musik sekarang lagi lesu ya,” ujar Bondan Prakoso.

Musik indie bukanlah hal yang baru untuk pembetot bass tersebut. Pasalnya, sejak ia menjadi penyanyi cilik, ia telah sedikit banyak mengenal musik indie. Dan ketika mengambil keputusan untuk bersolo karir, ketertarikannya kepada musik indie semakin kuat. “Sejak solo dan masuk jalur indie. Belajarnya otodidak. Kayaknya sudah enggak ada alasan untuk tidak ber-indie karena industrinya nggak maju. Jadi kita jalan sendiri,” ujar Bondan.

Tak hanya itu, Bondan juga mengungkapkan bahwa banyak kejanggalan yang dirasakan selama dia berada di bawah naungan label. Namun dia enggan menyebutkan detil ketidak transparan itu. Kini mulai produksi hingga distribusi, Bondan melakukannya seorang diri.

“Pengalaman kerja dengan label banyak hal yang kabur dan tertutup. Tapi enggak etis diomongi. Yang berkaitan dengan hak cipta. Saya hanya main di Youtube. Single-single aku produce sendiri. Tulis sendiri dan jualan sendiri,” pungkasnya.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.