Netizen Ini Beberkan Keanehan Voting 7 Manusia Harimau Dalam PGA 2015

Dalam ajang Panasonic Gobel Award 2015 lalu, sinetron 7 Manusia Harimau menang manis dengan mengalahkan nominator-nominator lainnya dalam kategori Drama Seri Terfavorit. Sayangnya, kemenangan 7 Manusia Harimau ini oleh sebagian netizen dianggap kurang meyakinkan karena adanya sebuah twit misterius dari akun twitter beberapa netizen yang melakukan vote otomatis bukan dari penggunanya secara langsung. Belakangan diketahui, twit otomatis tersebut dilakukan melalui aplikasi Rising Star Indonesia.

Netizen Ini Beberkan Keanehan Voting 7 Manusia Harimau Dalam PGA 2015 ~ kaskus.co.id
Netizen Ini Beberkan Keanehan Voting 7 Manusia Harimau Dalam PGA 2015 ~ kaskus.co.id

Awalnya, hal ini dikemukakan oleh seorang kaskusers dengan id indXtreme dengan judul thread ‘Pernah install aplikasi Rising Star Indonesia? Cek timeline twittermu, KUAT DUGAAN twittermu sudah disalahgunakan‘. Dalam penuturannya, kaskuser ini mengakui sedang iseng mengecek profile twitternya pada tanggal 24 Mei lalu. Namun rupanya kaskuser ini menemukan sebuah twit aneh yang tak pernah ia kicaukan sama sekali. Isi twit tersebut adalah ‘Drama Seri 7 Manusia Harimau #PGAwards2015’ yang merupakan sebuah twit dukungan untuk sinetron 7 Manusia Harimau.

Twit aneh dari akun twitter kaskuser tersebut ~ kaskus.co.id
Twit aneh dari akun twitter kaskuser tersebut ~ kaskus.co.id

Setelah ditilik lebih lanjut, twit otomatis tersebut rupanya berasal dari aplikasi Rising Star Indonesia yang terlihat jelas pada bagian bawah twit. Padahal dari penuturannya, kaskuser ini mengaku telah meng-uninstall aplikasi tersebut sejak beberapa bulan yang lalu. Belakangan, sang kaskuser baru mengetahui bahwa sistem vote dari ajang PGA tahun ini rupanya menggunakan sistem tweet vote, sehingga pengguna dapat ikut memasukkan suaranya melalui media sosial twitter. Menduga hal ini sebagai penyalahgunaan, kaskuser ini lantas mencari beberapa twit pengguna lain dalam media sosial twitter sebagai bukti tambahan dugaan penyalahgunaan akun ini.
22404_20150529040628

Twit aneh lainnya ~ kaskus.co.id
Twit aneh lainnya ~ kaskus.co.id

Dari bukti-bukti tersebut, rupanya memang tertera jelas bahwa twit otomatis ini berasal dari aplikasi Rising Star Indonesia yang sebelumnya telah di install oleh pengguna tersebut. Hal ini tentunya membuat publik internet cukup heboh, mengingat 7 Manusia Harimau telah memenangkan ajang penghargaan PGA lalu, sehingga tak heran banyak yang menduga bahwa kemenangan 7 Manusia Harimau ini merupakan sebuah bentuk kecurangan.

Walau banyak yang mendukung aksi kaskuser tersebut untuk melaporkan tindakan penyalahgunaan aplikasi ini, rupanya tak sedikit pula yang membeberkan beberapa kemungkinan ‘kesalahan’ dari kaskuser ini. Seperti dalam beberapa respon balik beberapa kaskuser lainnya yang mengingatkan bahwa, apakah dari si kaskuser tersebut telah mengizinkan pihak Rising Star untuk melakukan Read dan juga Write dalam akun twitternya, “Agan baca dulu gak permisson ketika nginstall itu apps? Jangan-jangan itu apps udah request permission dan agan klik yes yes aja. Kalo gitu bukan salah appsnya jadinya.tapi agan yang teledor.setuju kalo itu apps nyebelin dengan overide timeline.cuma gak mungkin apps bisa ngetweet tanpa dikasih otoritas ( lewat permission tadi ) oleh user” komentar seorang netizen.

Namun, sang kaskuser ini kembali memberikan opininya mengenai twit otomatis Rising Star Indonesia, “term & permission WRITE gk sampai melenceng segitunya gan. permission WRITE biasanya hanya untuk posting ke twitter saat voting peserta rising star berlangsung sesuai persetujuan user, FYI Permission Instagram juga READ and WRITE tetapi gk pernah posting diluar keinginan user” tulisnya. Lebih lanjut, kaskuser ini telah mengadukan kasus ini ke beberapa pihak yang dianggap berwenang dalam hal UU ITE. Hal ini tentunya bisa menjadi pelajaran untuk kita semua agar tidak sembarangan dalam menggunakan/menginstall sebuah aplikasi.

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.