Panduan Olahraga Bagi Orang dengan Medis Kronis Saat Pandemi Covid-19

Selain memastikan status dengan melakukan swab test, olahraga adalah hal penting yang juga baiknya rutin dilakukan di masa pandemi ini. Pasalnya, olahraga sedikit banyak bisa membuat sistem imun kita naik di mana hal tersebut adalah modal utama untuk melawan virus. Di masa seperti sekarang ini, semua orang dari segala kondisi dan usia disarankan untuk berolahraga.

Termasuk yang memiliki penyakit kronis, mereka ini juga disarankan untuk melakukan aktivitas fisik. Tapi tentu tergantung dari kondisinya dan disesuaikan. Pasalnya jika tidak cocok atau tak kuat, malah bisa berakibat fatal. Seorang ahli kesehatan bernama Regina Davis mengatakan, “Jenis aktivitas fisik yang mungkin dilakukan akan berbeda dari setiap orang.”

Secara umum, orang-orang dengan kondisi medis kronis disarankan untuk melakukan olahraga aerobik sedang. Durasinya sendiri antara 150 hingga 300 menit. Atau jika sanggup dan aman bisa dengan melakukan aerobik berat dengan durasi 75-150 menit.

Sebenarnya tak hanya soal meningkatkan imun, secara khusus olahraga bagi mereka yang memiliki penyakit kronis juga mempunyai manfaat lain. Di antaranya adalah menurunkan risiko kematian dini, menghambat perkembangan penyakit, dan meningkatkan kualitas hidup.

Saran umum lain yang bisa dilakukan adalah lakukan swab test dalam periode atau momen tertentu. Misalnya setelah usai dari pertemuan atau dari perjalanan luar kota. Ini penting untuk mengetahui status pada tubuh, di samping seseorang dengan penyakit bawaan biasanya lebih rawan terjangkit. Hal penting lain yang bisa dilakukan adalah tetap lakukan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun.