Para Titisan Kartini Ini Mengharumkan Indonesia di Mata Dunia

Hari ini, tepat tanggal 21 April di tanah air kita memperingati pahlawan wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini. Semangatnya memperjuangkan hak hak wanita di rezim penjajahan membuat dirinya dikenang sepanjang sejarah perjalanan bangsa. Tiap tahun berbagai macam kegiatan positif diselenggarakan demi memperingati jasa jasanya terhadap perjuangan kaum wanita Indonesia.

R.A Kartini boleh saja tiada, namun semangatnya tak akan pernah padam, terlebih bagi srikandi srikandi Nusantara yang turut mengisi kemerdekaan tanah air. Kini di era yang semakin modern ini, Banyak perempuan perempuan di Indonesia yang tumbuh menjadi sosok inspiratif nan membanggakan, namanya mungkin kalah dengan pemberitaan selebritis di dalam negeri, namun para wanita ini namanya mentereng di dunia internasional lantaran prestasi mereka yang mencengangkan. Siapa saja mereka? ini dia

1. Alexandra Asmasoebrata

Alexandra Amasoebrata ~ primbondonit.blogspot.com
Alexandra Amasoebrata ~ primbondonit.blogspot.com

Alexandra Asmasoebrata atau yang akrab disapa Andra ini merupakan seorang pembalap perempuan di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai pembalap mobil perempuan pertama di Indonesia. Andra juga menorehkan banyak prestasi antara lain ia pernah menjuarai kompetisi Gockart Racing kelas 60 cc dan mengikuti Turnamen Asean Gockart. Di tingkat Internasional, Andra juga pernah menjadi salah satu peserta Formula BMW Scholarship di Spanyol pada tahun 2004 dan Formula Renault Asia.

2. Rini Sugianto

Rini Sugianto ~ http://dikotak.com
Rini Sugianto ~ http://dikotak.com

Siapa yang tak kenal dengan film Hollywood Iron Man 3, dibalik efek efek keren yang ditampilkan ternyata ada nama Indonesia dibalik visualisasi film yang sangat canggih itu, ya dia adalah Rini Sugianto. Rini merupakan sosok perempuan hebat yang membanggakan Indonesia melalui bidang seni budaya. Kreativitas dan kehandalannya dalam bidang animasi dan visual telah membawa Rini ke kancah internasional. Prestasinya yang membanggakan adalah terlibat dalam beberapa proyek pembuatan film animasi seperti Iron Man 3, The Hobbit 3: Desolation of Smaug, The Hunger Games: Catching Fire, dan The Dawn of The Planet Apes. Keren!

3. Dr. Made Tri Ari Penia Kresnowati

Dr-Penia-Kresnowati-Monash-University ~ langitperempuan.com
Dr-Penia-Kresnowati-Monash-University ~ langitperempuan.com

Dr. Made adalah sosok penggerak inovator dalam bidang Ilmu pengetahuan , sains dan teknologi. Ia merupakan seorang dosen di Institut Teknologi Bandung, ia juga aktif dalam Kelompok Keilmuan Pengembangan dan Perencanaan Produk Teknik Kimia. Ia juga merupakan lulusan Ph.D. dari Technology University of Delft di Belanda. Salah satu bukti dari konsistensinya dalam bidang penelitian adalah penghargaan dari Menteri Negara Riset dan Teknologi serta Grant Program dari L’oreal UNESCO for Women atas penelitiannya mengenai Teknologi Bioproses.

4. Sri Mulyani

Sri Mulyani ~ http://www.nasionalisme.co
Sri Mulyani ~ http://www.nasionalisme.co

Sri Mulyani terpilih sebagai wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes tahun 2008. Di tahun 2014, dirinya masih didaulat menjadi wanita berpengaruh di dunia dengan menempati peringkat 38. Dia juga mendapat predikat wanita paling berpengaruh kedua di Indonesia versi majalah Globe Asia bulan Oktober 2007. Sri Mulyani juga menjadi Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006, 2007, 2008 oleh Emerging Market (Euromoney). Sejak tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia. Dirinya juga merupakan dosen di Universitas Indonesia (UI). Bahkan, dia pernah menjadi profesor tamu di Andrew Young School of Public Policy di Georgia State University. Dia mendapatkan titel Ph.D dalam bidang ekonomi dari University of Illinois dan gelar B.A dalam bidang ekonomi dari UI.

5. Merry Riana

Merry Riana ~ https://www.maxmanroe.com
Merry Riana ~ https://www.maxmanroe.com

Siapa diantara Sobat Beranda yang sudah menonton film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar yang diperankan oleh aktris Chelsea Islan? Ya sesuai dengan judul filmnya, kisah yang diangkat ke layar lebar ini merupakan kisah nyata dari perempuan inspiratif asal Indonesia, Merry Riana. Di usianya yang amat belia, yaitu saat ia berusia 25 tahun ia mampu meraih penghasilan 1 juta dollar. Ia juga meraih berbagai penghargaan prestisus seperti Top New Adviser Award pada tahun 2003 dan salah satu agensi yang didirikannya yakni Merry Riana Organization berhasil meraih penghargaan Top Agency of the Year dan Top Rookie Agency of The Year di tahun 2005. Sosok Merry Riana merupakan sosok yang patut kita jadikan contoh. Sosok Merry Riana mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif.

Sopian Ahmad

Kuli Tinta yang lagi magang di alam pikirannya sendiri. Good Listener, Analyst, Problem Solver. Stay Foolish, Stay Hungry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.