Payudara 5 Artis Wanita Ini Terpaksa Dioperasi Akibat Kanker & Tumor

Bagi para wanita, salah satu penyakit yang hingga kini masih terus menjadi momok adalah kanker payudara. Bahkan di Indonesia, Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak diderita oleh para pasien rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit, menurut data dari Yayasan Kanker Payudara Indonesia.

Baca Juga: Makan Malam Bareng Baim Wong, Sophia Latjuba Disebut Bikin Ariel Cemburu

Angka kematian akibat kanker payudara pun lumayan tinggi, yakni 21,5 dari setiap 100.000 orang. Selain itu, kesadaran akan penyakit ini juga cukup rendah. Pasalnya, 70 persen penderita baru memeriksakan diri ke dokter ketika kondisi mereka sudah dinyatakan parah.

Kanker payudara juga bisa menyerang siapapun, mulai dari masyarakat biasa hingga kalangan seleb terkenal. Kisah perjuangan para artis menghadapi penyakit mereka pun kadang jadi inspirasi sendiri bagi wanita lain, yang sedang menghadapi masalah serupa.

Berikut Beranda sajikan daftar 5 artis Indonesia yang pernah dan masih berjuang melawan kanker payudara.

1. Andien

instagram.com/andienaisyah

Andien merupakan salah satu artis yang beruntung karena kanker payudara yang ia alami bisa dideteksi sejak dini. Ia pun buru-buru melakukan operasi ketika kankernya memasuki stadium awal. Berkat keputusannya tersebut, penyanyi Jazz satu ini sekarang bisa menyusui sang buah hati tanpa rasa khawatir.

Pada media, Andien mengatakan bahwa ia harus menjalani operasi untuk mengatasi penyakitnya pada 2002 silam. Ia sendiri mengaku sudah merasakan ada yang tak beres dengan payudaranya sejak masih SMA. Selain itu, kini sang seleb juga mengaku menjalankan gaya hidup sehat demi mencegah munculnya penyakit di tubuhnya, antara lain dengan menghindari junk food.

2. Irma Darmawangsa

instagram.com/irmadarmawangsa

Rasa khawatir yang berlebihan akan dokter atau rumah sakit memang kadang bisa menjadi kerugian tersendiri, seperti yang dialami oleh pedangdut Irma Darmawangsa. Ia memutuskan untuk tidak memeriksakan benjolan yang ada di payudara kanan dan kirinya. Belakangan diketahui bahwa dua benjolan tersebut merupakan kista.

Selain di payudara, Irma juga mengungkap hasil pemeriksaan dokter menunjukkan bahwa ia juga memiliki benjolan berisi cairan yang terdapat di rahim.

3. Cut Memey

Istimewa

Cut Memey melalui prosedur operasi untuk pengangkatan tumor jinak yang ada di payudara kanannya pada Februari 2017. Semua proses ia jalani dengan lancar di Rumah Sakit Pondok Indah. Bahkan sang artis sempat membagikan foto gumpalan tumor yang pernah melekat di tubuhnya, di Instagram.

Pada media, Cut Memey mengaku beruntung karena ia menyadari penyakitnya di fase yang begitu dini, hingga tak sampai membahayakan tubuhnya. Ia pun mengingatkan para wanita lain untuk menerapkan gaya hidup sehat agar tak bernasib sama seperti dirinya.

Sang artis juga mendapatkan dukungan moril langsung dari sang suami, Paul Rowland, yang sengaja pulang dari perjalanan dinas di Kanada untuk mendampinginya menjalani operasi.

4. Pevita Pearce

instagram.com/pevpearce/

Sama seperti Cut Memey, Pevita Pearce juga sempat dipusingkan dengan tumor jinak yang bersarang di payudaranya. Namun semua itu bisa ia lalui dengan baik, lewat proses operasi di Kuala Lumpur pada April 2016.

Untungnya, penyakit ini tidak sampai mengganggu aktivitas Pevita. Dalam waktu singkat pasca operasi, ia sudah bisa kembali sibuk di dunia artis seperti biasa. Sang seleb pun bersyukur bisa mendeteksi penyakitnya sejak dini dan mengingatkan pada seluruh wanita Indonesia, untuk menjaga gaya hidup dan pola makan.

5. Rima Melati

Istimewa

Rima Melati merupakan salah satu artis yang berhasil dalam perjuangan melawan penyakit kanker payudara. Artis senior asal Sulawesi Utara ini mengaku terus bersemangat karena mendapat dukungan dari mendiang suaminya, Frans Tumbuan.

Vonis dokter mengenai penyakit kanker payudara diketahui oleh Rima sejak akhir 80-an, kala ia masih memasuki usia 50 tahun. Demi mendapat kesembuhan, Rima terpaksa menjalani operasi pengangkatan payudara dan bahkan melakukan kemoterapi di Belanda.

Baca Juga: Girangnya Raisa Dapat Hadiah Sepeda dari Presiden Jokowi

Semoga pengalaman para artis ini bisa mengajarkan kita untuk selalu menjaga gaya hidup dan pola makan mulai sekarang.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.