Penulis Asal Korea Selatan, Shin Kyung-sook, Dituding Lakukan Plagiat

Shin Kyung-sook yang merupakan seorang penulis dari Korea Selatan dituding melakukan plagiat sebuah cerita pendek yang berasal dari Jepang. Dan tudingan tersebut dibuat oleh kumpulan penulis novel dalam sebuah laman berita di media cetak setempat. Setelah sebelumnya menolak tudingan plagiat yang dilakukan oleh dirinya, namun sebuah surat kabar Kyunghang Shinmun, memberitakan bahwa Shin Kyung-sook mengakui kemiripan dengan hasil karyanya tersebut. Namun plagiat yang diakuinya tak disengaja tersebut masih diperdebatkan oleh publik.

Penulis Asal Korea Selatan, Shin Kyung-sook, Dituding Lakukan Plagiat - numerocinqmagazine.com
Penulis Asal Korea Selatan, Shin Kyung-sook, Dituding Lakukan Plagiat – numerocinqmagazine.com

Seorang penulis novel bernama Lee Eung-jun lah yang menuding Shin Kyung-sook telah melakukan penjiplakan terhadap salah satu cerita pendek yang merupakan karya penulis Jepang yang telah meninggal dunia yaitu Yukio Mishima yang dirilisnya pada 1996 silam dengan judul ‘Legend’.

“Setelah membandingkan kalimat di cerita Patriotisme yang dibuat Yukio Mishima dan membacanya berulang kali, saya berpikir tepat jika saya dituduh plagiat,” ucap Kyung-sook dilansir dari BBC, Rabu (17/6/2015).

Shin Kyung-sook pun mengatakan bahwa orang-orang yang menuding dirinya melakukan plagiat tersebut mungkin belum pernah membaca hasil karya penulis Yukio Mishima.

“Tapi saya lupa kalau saya belum pernah membacanya atau pernah membacanya sehingga terpengatuh menulis kisah yang mirip. Sekarang saya dalam kondisi bingung dengan ingatan saya sendiri.” Ucapnya.

Akibat tudingan yang mulai merebak pada 16 Juni 2015 ini ditujukan kepadanya tersebut, Shin Kyung-sook pun terpaksa melakukan diskusi kepada penerbit agar menghapus salah satu cerita pendek di cetakan buku berikutnya.