Perayaan Hari Batik Nasional, Titi Dj Menyimpan Kekecewaan

Tepat hari ini pada tanggal 2 Oktober bangsa Indonesia sedang merayakan Hari Batik Nasional. Sebagai warga masyarakat yang cinta terhadap kebudayaan asli bangsa, kita tentu wajib menyambutnya dengan antusias. Hal yang sama pun dirasakan oleh Diva Indonesia, Titi Dj. Penyanyi senior ini juga turut senang dengan adanya Hari Batik Nasional.

Perayaan Hari Batik Nasional, Titi Dj Menyimpan Kekecewaan ~ liputan6.com
Perayaan Hari Batik Nasional, Titi Dj Menyimpan Kekecewaan ~ liputan6.com

Baginya, Hari Batik Nasional salah satu implemstasi nyata dalam upaya pelestarian batik. “Satu sisi saya senang dengan Hari Batik Nasional, berarti ada satu gerakan ke arah menghargai dan mengajak orang melestarikan batik,” ujar Titi Dj.

Namun, di sisi lain, pelantun Bahasa Kalbu tersebut juga merasakan kekecewaan pada pemerintah perihal pelestarian batik.

“Tapi kenapa ada hari khusus, batik kan sudah menjadi identitas kita sebagai warga Indonesia. Tapi ya begitulah orang kita, kalau sudah ada yang klaim kayak Malaysia baru ribut, tapi dipakai juga nggak,” paparnya.

Jika dipikir, apa yang dikatakan Titi Dj memang ada benarnya. Sudah seharusnya sebagai generasi penerus kita wajib melestarikan warisan budaya Batik. Jangan hanya menggunakannya di hari atau momen tertentu. Namun, jadikan Batik sebagai identitas kita sebagai warga negara Indonesia yang bangga akan keragaman budaya yang kia miliki. Selamat Hari Batik Nasional!

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.