Pesta Pora Warnai Pemakaman Pria Ini, Kok Bisa Gitu?

Pemakaman biasanya ditandai dengan kesunyian dan juga kesedihan. Namun bagi keluarga Emmanuel Omana dan teman-temannya, kesempatan tersebut justru dimanfaatkan untuk menari dan menyanyi.

Baca Juga: Miris, 5 Seleb Ini Batal Menikah Jelang Hari-H

Hal ini sekaligus menjadi pelajaran bagi kita semua. Kematian ternyata bisa juga dirayakan dengan cara yang sama, seperti ketika ketika merayakan kehidupan.

Omana, mahasiswa Universitas Negeri Bulacan, Filipina, meninggal pada 2 Juli silam usai sekian lama berjuang melawan penyakit leukimia. Menjelang ajalnya, ia berharap agar pemakamannya tak diiringi dengan kesedihan, melainkan kegembiraan.

Emmanuel Oman (c) Facebook/Emmanuel Oman

Rupa-rupanya Omana ingin kematiannya tidak sampai memberikan duka mendalam pada semua kerabatnnya. Maka itu, ia pun meminta semua orang melepas kepergiannya dengan hati riang.

Dan ketika Omana akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada 2 Juli lalu, semua orang sudah tahu apa yang harus mereka lakukan.

(c) Facebook/Emmanuel Oman

Pria yang amat dicintai oleh teman-teman dan keluarganya itu mendapat apa yang ia inginkan. Ketika pemakaman Omana digelar pada 6 Juli silam, bukannya isak tangis, yang ada malah sebuah proses yang terbilang meriah.

Terinspirasi oleh sebuah film indie berjudul ‘Die Beautiful’, iring-iringan yang membawa peti jenazah Omana justru menjadi sebuah parade. Semua orang kompak menyanyikan lagu Dancing Queen milik grup legendaris asal Swedia, ABBA. Tak hanya itu, mereka yang hadir juga ikut bergoyang mengikut irama lagu.

(c) Facebook/Emmanuel Oman

Tentu saja, prosesi pemakaman Omana yang unik ini menarik perhatian banyak warganet. Ada yang bersimpati dengan kabar meninggalnya sang pria, sementara ada juga yang menilai pemakaman tak layak jika digelar dengan suasana meriah seperti itu.

Selain itu, prosesi pemakaman Omana juga mendapat sorotan dari banyak stasiun TV, yang menilainya sebagai sesuatu yang unik dan berbeda.

(c) Facebook/Emmanuel Oman

Baca Juga: 5 Artis Cantik Ini Diam-diam Kena Cinta Lokasi

Banyak orang mungkin tak bisa memahami bagaimana pemakaman itu dilangsungkan dengan suasana gembira, namun yang jelas keluarga dan teman-teman kini tahu bahwa Omana bisa meninggal dengan bahagia. Pasalnya, ia sudah mendapatkan apa yang menjadi keinginan terakhirnya.

Bagaimana menurut kalian?

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.