Heboh Puisi Sukmawati, Arie Untung Berikan Reaksi Keras di Instagram

Puisi yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri membikin heboh banyak warganet karena dianggap melecehkan umat Islam. Reaksi pun bermunculan dari banyak pihak, termasuk Arie Untung. Suami Fenita Arie itu memberikan tanggapan cukup keras di media sosialnya.

Baca Juga: Biasa Maskulin, 5 Artis Cantik Ini Mendadak Feminin Jadi Pengantin, Jadi Pangling!

Nama Sukmawati Soekarnoputri belakangan ini memang tengah ramai dibicarakan. Hal tersebut terjadi usai beredar video yang menunjukkan dirinya tengah membacakan sebuah puisi untuk meramaikan gelaran pertunjukan busana guna memperingati perjalanan karir Anne Avantie – desainer kebaya kenamaan Indonesia.

Puisi yang dibacakan oleh Sukmawati tersebut sebenarnya cukup menarik, karena berupaya menyentil beberapa fenomena sosial yang benar-benar terjadi di Indonesia. Namun sayangnya, ada beberapa pihak yang tidak terima karena ada sejumlah kalimat yang dinilai sudah melecehkan umat Islam.

Sukmawati sempat menyinggung-nyinggung soal penggunaan cadar. Ia juga menyebutkan bagaimana suara Azan yang terdengar ternyata tidak selalu merdu seperti yang diharapkan.

Bait puisi tersebut kemudian menuai beragam reaksi dari umat Islam seluruh Indonesia. Beberapa bahkan dibuat geram dan langsung menuangkan uneg-uneg mereka di media sosial. Tak hanya dari golongan masyarakat biasa, artis pun ikut angkat bicara. Salah satunya adalah Arie Untung.

Dengan menggunakan akun Instagram, presenter terkenal itu menulis pendapat panjang soal polemik puisi Sukmawati yang menyinggung Azan. Menurut Arie, azan adalah penghubung antara Allah dan umatnya, bagaikan seseorang yang mendapat telepon dari kekasihnya.

Ia kemudian menyayangkan bagaimana Sukmawati melecehkan Azan dalam sebuah acara resmi dan menyebutnya tak lebih merdu dari kidung. Arie kemudian menyebut bahwa hal tersebut justru menunjukkan kemunduran dalam cara berpikir. Seolah sedang emosi, sang seleb lantas menulis ‘Sing waras ngalah’.

Arie meminta umat Islam Indonesia untuk sabar

Arie kemudian meminta semua umat Islam di seluruh Indonesia untuk lebih bersikap sabar. Tidak perlu menanggapi berlebihan soal kehebohan yang ditimbulkan puisi karangan Sukmawati. Menurut Arie, umat Islam di Indonesia harus bisa menunjukkan bahwa mereka berbeda dari golongan tertentu yang biasanya suka memanfaatkan kekerasan untuk menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Cantik Berkelas Bak Puteri Keraton, Begini 12 Gaya Artis di Catwalk Anne Avantie

Sebelumnya, Sukmawati juga sempat berbicara pada media mengenai kontroversi puisinya. Putri mantan presiden Soekarno itu mengaku ia hanya mengungkapkan apa yang ada di dalam pemikirannya sebagai pengamat budaya, usai melihat fenomena yang terjadi di Indonesia – terutama bagian Timur.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.