Putusan Vonis, Hengky Kawilarang Dijatuhi Hukuman 11 Bulan Penjara

Desainer artis, Hengky Kawilaranag yang tersangkut kasus penggelapan uang arisan senilai 1,5 Miliyar akhirnya menjalani sidang penjatuhan vonis. Secara resmi, hengky harus menjalani hukuman penjara selam 11 bulan lamanya oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam putusan hakim, ia secara terbukti dan meyakinkan melakukan tindak pidana penggelapan uang milik kliennya, Jeng Ana.

Putusan Vonis, Hengky Kawilarang Dijatuhi Hukuman 11 Bulan Penjara. ~ liputan6.com
Putusan Vonis, Hengky Kawilarang Dijatuhi Hukuman 11 Bulan Penjara. ~ liputan6.com

“Majelis hakim menyatakan terdakwa Hengki Kawilarang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penggelapan. Dengan begitu majelis hakim memvonis terdakwa dengan pidana penjara selama 11 bulan, akan dikurangi dengan masa tahanan di penjara,” kata hakim ketua, Asiadi Sembiring, di PN Jaksel, Kamis (27/8/2015).

Namun, untungnya vonis tersebut jauh lebih ringan dari ari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang meminta Hengki dibui selama dua tahun tiga bulan. Kendati demikian, baik Hengki dan JPU menyatakan pikir-pikir dengan vonis yang dijatuhkan hakim. “Pihak kami pikir-pikir,” ujar Hengki. “Kami juga yang mulia (pikir-pikir),” sahut JPU.

Tak bisa dipungkiri bahwa Hengki berharap dirinya bisa bebas dari jeratan hukum yang membelenggunya. Namun, hingga kini ia belum bisa menentukan sikap yang akan ditempuhnya ke depan. Dengan begitu, Hengki akan kembali ke Cipinang dan tinggal menjalani sisa hukuman selama tujuh bulan ke depan.

“Saya belum bisa komentar, nanti kuasa hukum saya saja. Kalau banding belum tahu, saya harus komunikasi dengan pengacara saya. Kalau dibilang puas, ya saya tentu inginnya bebas ya,” tutup Hengki Kawilarang.

Sebelumnya, Hengki Kawilarang ditangkap polisi pada 15 April 2015. Desainer kondang itu diduga melakukan arisan bodong dan melarikan uang milik pakar herbal artis Jeng Ana. Akibat perbuatan Hengki, Jeng Ana mengaku mengalami kerugian sebesar Rp 1,5 miliar.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.