Rahasia Dibalik KTP Bernama Saiton yang Ramai di Sosmed

Jika kamu pengguna aktif sosial media, kamu pasti tak asing dengan foto KTP dengan pemilik bernama ‘Tuhan’, ‘Saiton’, ataupun ‘Satria Baja Hitam’.

Pemilik nama Saiton - sidomi.com
Pemilik nama Saiton – sidomi.com

Kali ini, Beranda akan memberikan bocoran asal muasal nama Saiton. Saiton dalam bahasa Indonesia memiliki arti setan yang berarti negatif. Namun, bagaimana bisa kata tersebut digunakan sebagai nama orang?

Saiton menceritakan, bahwa orangtuanya memiliki 13 anak, yang 10 diantaranya telah meninggal. Awalnya, orangtua Saiton juga khawatir bahwa dia tidak akan bertahan hidup seperti kakak-kakaknya.

KTP milik Saiton - lensaindonesia.com
KTP milik Saiton – lensaindonesia.com

Namun, ternyata Saiton mampu bertahan hidup, karena bingun, akhirnya orang tuanya memberikan nama Saiton. Sebenarnya, nama tersebut pernah diganti, tapi keadaannya memburuk dan ia malah sakit-sakitan.

“Setelah umur 3 tahun, mau diubah sebenarnya, ternyata saya sakit 3 bulan. Lalu kata orang kampung harus kembali ke nama awal, nggak boleh diubah. ya sampai sekarang lah,” ujar Saiton.

Bahkan ketika dewasa, namanya juga pernah akan diubah. Tapi lagi-lagi Saiton jatuh sakit.

“Sakitnya itu panas dingin, kontak ke badan saya. Saya sering dapat mimpi firasat,” bebernya.

Meskipun kata orang nama adalah doa, tapi bagi Saiton yang terpenting kepribadian dan tingkahnya tidak menyerupai setan.

Dinar Firda Rosa

just another girl! Google me and find out yourself~