Rating Merosot Tajam, American Idol Segera Pensiun Tayang

Ajang pencarian bakat memang lagi marak beberapa tahun ini menghiasai layar kaca. Berbagai jenis ajang pencarian bakat saling berlomba untuk terus meningkatkan rating acara mereka masing-masing. Seiring berjalannya wakt, produk pencarian bakat yang telah lama berkecimpung di dunia pertelevisian makin tenggelam dengan produk pendatang baru.

American Idol kabarnya akan dipensiunkan. ~ ticketsmove.com
American Idol kabarnya akan dipensiunkan. ~ ticketsmove.com

Salah satunya ajang pencarian bakat di Amerika Serikat, yakni American idol . ruor yang beredar bahwa pencarian bakat yang salah satu jurinya adalah Jenifer Lopez tersebut akan dihentikan penanyangannya pada akhir tahun depan. Namun, para pengisi acara yang telah mengisi acara tersebut dari musim-musim sebelumnya, seperti Ryan Seacrest dan jajaran juri, Jennifer Lopez, Keith Urban dan Harry Connick Jr., akan tetap menghiasai acara tersebut hingga penayangan dinyatakn resmi selesai.

American Idol sudah menghiasa jagad pertelevisian Amerika Serikat sejak beberapa tahun belakangan ini. Saking populernya, acara tersebut bisa dikatakan mempunyai copy-an yang bahkan mengalahi kepopulerannya, yakni The Voice. The Voice berhasil menjaring penonton berusia 18-49 tahun dalam dua tahun terakhir, dan semakin menyamai rekor kepopuleran pendahulunya, American Idol.

Jejeran juri yang tetap akan mengisi American Idol hingga akhir penayangan. ~ tribunnews.com
Jejeran juri yang tetap akan mengisi American Idol hingga akhir penayangan. ~ tribunnews.com

Berbagai usaha telah dilakukan demi menyelamatkan rating acara tersebut, hingga pergantian pengisi acara pun nyatanya tidak bisa ampun menarik perhatian penonton American Idol yang mungkin telah jenuh. Banyak yang menilai, bahwa acara tersebut sudah waktunya untuk pensiun.

American Idol telah tayang sejak tahun 2002 dan rating paling tertinggi tercapai pada tahun 2006 dengan mampu menarik 36 juta pasang mata hingga episode akhir musim tersebut. Namun, pada tahun 2011 jumlah penontonnya semakin menurun. Apalagi setelah banyak serial televisi yang lebih menarik, seperti Empire, Walking Dead, The Newsroom, House of Cards, American Horror Story dan Bad. Hingga saat ini tercatat, American Idol hanya disaksikan oleh 9,15 juta orang saja.

Seperti yang dikuti dari Dailymail, stasiun televisi yang menayangkan, Fox, mengungkapkan bahwa tahun depan American Idol akan diselenggarakan dengan format lebih kecil dan akan tayang mulai bulan Januari setiap hari Rabu dan Kamis. Di pertengahan musim, American Idol hanya akan ditayangkan seminggu sekali.

Sedangkan pemimpin Fox, Dana Walden, mengaku merasa sedih pasalnya akan mengakhiri American Idol. “Banyak sekali yang masih antusias dengan acara ini. Semoga acara terakhir di tahun depan akan menjadi momentum yang terus dikenang,” ujarnya. Sementara itu, beberapa musisi terkenal yang telah lahir dari American Idol, seperti Kelly Clarkson, Carrie Underwood, Adam Lambert, Clay Aiken.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.