Rayakan Sweet Seventeen, Google Doodle Hari Ini: ‘Kapan Ulang Tahun Google?’

Kata ‘Google’ tentu tidak asing lagi di era modern seperti saat ini. Hampir setiap hari kita menggunakan mesin pecarian raksasa tersebut dalam segala aspek kebutuhan. Mulai dari mencari referensi tertentu dan tak ayal juga menjadi media hiburan masa kini. Namun, sudahkah kita mengetahui asal-usul lahirnya Google? Atau mungkin kita bisa memulainya dengan pertanyaan sederhana. Kapan Ulang Tahun Google?

Google Doodle hari ini ~ google.com
Google Doodle hari ini ~ google.com

Hal yang sama juga ditunjukkan dalam Google Doodle hari ini. Dengan mengangkat tema Kapan Ulang Tahun Google? homepage Google kali ini terlihat menarik dengan gambar komputer jadul dengan logo google di layar monitornya. Selain itu ada balon dan topi khas untuk pesta ulang tahun.

Kembali topik awal mengenai kapan ulang tahun Google, tepat hari ini hari ini tanggal 27 September 2015 sang raksasa mesin pencari “Google” sedang merayakan ulang tahunnya yang ke 17. Tentu menginjak usia ini adalah sebuah hal yang luar biasa. Jika disandingkan dengan manusia, umur 17 tahun merupakan angka di mana seseorang telah mencapai kematangan yang telah cakap. Sama halnya dengan manusia, Google pun kian hari kian menampakkan sisi yang semakin matang.

Hampir 2 dekade Google mampu menjadi acuan dari pengguna internet ketika akan mencari sesuatu. Kemudian seiring dengan besarnya perusahaan Google kemudian melakukan ekspansi, yang paling terasa tentu saja keberhasilan Youtube sebagai situs website video paling populer dan OS Android yang kini merajai smartphone di dunia.

Tak hanya itu, keberhasilan Google kini telah merambah layanan email gratis Gmail, Google Maps, dan tidak lupa program periklanan Google Adsense merupakan beberapa dari banyak produk Google yang sangat membantu masyarakat dalam hal memajukan kemampuan menguasai informasi dan teknologi.

Sebenarnya, secara korporasi, ulang tahun Google jatuh pada tanggal pada 7 September. Lantas mengapa mereka merayakan ultah justru pada 27 September? Google memiliki banyak hari istimewa di bulan September. Perusahaan yang dibentuk oleh Larry Page dan Sergey Brin ini secara teknis didirikan pada 4 September 1998.

Selang tiga hari kemudian, barulah Google resmi menjadi korporasi. Dari kedua momen spesial ini, mestinya Google memamerkan acara ‘tiup lilin’ pada awal bulan ini. Mengapa baru sekarang dirayakan?

Ternyata, Google awalnya merayakan ultah setiap tanggal 7 September. Namun semuanya berubah pada 2005. Ketika itu Google mulai menetapkan bahwa 27 September sebagai hari ulang tahun. Alasannya, demi merayakan rekor jumlah halaman web yang sukses terangkum dalam indeks mesin pencari mereka.

Well, Selamat Ulang Tahun, Google!

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.