Risty Tagor Ajukan Gugatan Cerai Saat Hamil, Bagaimana Hukumnya?

Semenjak gonjang ganjing rumah tangganya banyak di beritakan oleh media infotainment dan sempat buka suara mengenai kondisi rumah tangganya dengan sang suami, akhirnya Risty Tagor hari ini mengajukan gugatan cerai terhadap Stuart Collin di Pengadilan Agama Jakarta Selatan pada hari ini. Namun yang menjadi persoalan ialah kondisi Risty yang tengah hamil saat ini apakah menjadi ganjalan hukum atau tidak.

Risty Tagor Ajukan Gugatan Cerai Saat Hamil, Bagaimana Hukumnya? - liputan6.com
Risty Tagor Ajukan Gugatan Cerai Saat Hamil, Bagaimana Hukumnya? – liputan6.com

Pihak Pengadilan Agama Jakarta Selatan pun menjelaskan bahwa tak ada larangan wanita yang tengah berbadan dua untuk mengajukan gugatan cerai karena juga merupakan hak warga negara.

“Tidak ada ketentuannya bahwa seseorang yang sedang hamil itu tidak boleh mengajukan perkara perceraian. Karena itu hak warga negara. Ada paham yang beda, hukum agama dengan hukum nasional. Sah menurut agama, tidak sah menurut negara tapi sebenarnya bukan seperti itu,” jelas pihak Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (20/8/2015).

Pihak pengadilan juga menjelaskan bahwa wanita yang sedang hamil kapan pun boleh mengajukan gugatan cerai, hanya saja nanti akan berkaitan dengan masa idah yang sesuai dengan hukum agama Islam.

“Hanya kalau misalnya sedang hamil nantinya akan berkaitan dengan masa iddah,” ujarnya.