Rumah Sakit Mulai Penuh Pasien Covid-19, Peringatan Bagi Kita agar Lebih Waspada

Kurang lebih hampir setahun masyarakat di seluruh dunia bergelut dengan Covid-19. Beberapa berhasil menekan dan bahkan sudah kembali hidup normal, namun yang lain malah belum melewati puncak gelombang pertama. Sayangnya, Indonesia bisa dibilang masuk dalam kategori yang belum benar-benar tuntas penanganan Covid-nya.

Hal ini terbukti dari jumlah statistik penambahan yang terjadi belakangan, bahkan di beberapa tempat terjadi lonjakan yang cukup serius. Alhasil, beberapa rumah sakit dikabarkan mulai kepenuhan pasien. Misalnya di Klaten, Kabupaten Cirebon, hingga Banyumas. Tak hanya kamar-kamar perawatan saja, beberapa rumah sakit juga mulai kehabisan ruang isolasi.

Fakta ini bisa jadi gambaran bagi kita bahwa pandemi ini masih sama seriusnya seperti awal kemunculannya. Mungkin karena sudah jenuh, banyak orang yang kemudian abai dan tanpa sadar ikut menyumbang angka kenaikan. Agak disayangkan sebenarnya. Padahal pandemi ini sudah hampir setahun rasanya masih seolah jalan di tempat.

Lalu dengan kondisi seperti sekarang apa yang bisa dilakukan? Tentu kita wajib untuk terus waspada. Jaga diri, keluarga, dan lingkungan. Jika mampu sekalian lakukan swab test. Tindakan tersebut bisa membuat kita mendapatkan informasi penting sehingga bisa segera melakukan aksi, entah pencegahan atau melakukan tindakan medis yang lebih kompleks. Swab test sekarang juga sudah mulai banyak penyedianya dengan harga yang tidak semahal dulu.

Jika satu lingkungan sudah memastikan mereka aman dan diikuti oleh lingkaran lain, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan lebih cepat pulih. Mudah-mudahan tahun depan sudah mulai terlihat daerah-daerah hijau di sekitar kita.