Running Man Dituduh Jiplak Program Di Jepang, Ini Klarifikasi Produser

Im Hyung Taek menyampikan klarifikasi terkait tuduhan salah satu episode Running Man menjiplak acara yang hampir senada di Jepang. Im mengatakan pihaknya tak pernah tahu bahwa ada acara yang hampir sama di negri Sakura tersebut. Meski meminta maaf, Im juga menegaskan SBS tak pernah punya niatan untuk menjiplak acara yang ada di Jepang itu.

Produser Running Man meminta maaf atas dugaan plagiat acara Jepang yang dituduhkan pada program reality show itu~ www.dramafever.com
Produser Running Man meminta maaf atas dugaan plagiarisme~ www.dramafever.com

Hal ini berawal dari kritik yang dikirimkan netter beberapa waktu yang lalu. Saat itu, SBS menayangkan episode Running Man bertajuk “Lost in Seoul” yang seperti biasa mendapat ratting dan apresiasi cukup tinggi dari pemirsa. Namun netizen menemukan banyak kesamaan konsep antara episode Running Man yang ini dengan salah satu program di Jepang yang bernama VS Arashi.

Pihak Running Man pun menerima kritik pedas terkait hal ini. Running Man dituduh menjiplak konsep Kokoro Viking di episode tersebut, dan membuatnya hampir sama persis dengan acara VS Arashi. Tak ingin terus memicu polemik, produser Running Man, Im Hyung Taek akhirnya maju meminta maaf sekaligus melakukan klarifikasi atas tuduhan ini.

Im mengaku bahwa mungkin ada beberapa kesamaan antara episode Running Man tersebut dengan program yang ditayangkan di Jepang tersebut. Meski begitu, Im membantah berniat menjiplak konsep acara VS Arashi dan mengadaptasikanya untuk episode Running Man yang tayang 6 Desember kemarin. Im sendiri tetap meminta maaf pada mereka yang merasa dirugikan atas tayangnya episode Running Man tersebut.

“Aku belum pernah melihat acara di Jepang yang jadi pertanyaan tersebut, jadi tak banyak yang bisa kukatakan mengenai plagiarisme. Akan tetapi dengan segala hormat, aku mungkin kurang berhati-hati padahal akulah orang yang bertanggung jawab pada acara tersebut. Aku sungguh minta maaf akan masalah ini. Aku berjanji akan berhati-hati di masa mendatang” ujar Im Hyung Taek.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.