Bunuh Satwa Langka Saat Syuting, Salman Khan Divonis 5 Tahun Penjara

Kabar mengejutkan datang dari Artis Bollywood Kondang, Salman Khan. Dilansir dari media The Guardian, pemeran utama film Bajrangii Bhaijan ini akhirnya dijatuhi vonis hukuman penjara. Selain penjara selama 5 tahun ia juga diwajibkan membayar denda sebesar 10.000 rupee atau setara dengan 2,1 juta Rupiah dalam sidang perkara perburuan satwa langka.

Baca Juga: Gara-gara Sepatu, Salman Khan dan Shah Rukh Khan Terjerat Masalah Hukum

Kasus yang sejatinya bergulir sejak tahun 1998 ini akhirnya mendapat putusan pada Kamis (05/04/2018) kemarin. Setelah hampir 20 tahun lamanya Salman Khan dinyatakan terbukti bersalah. Salman Khan terbukti melakukan perburuan terhadap dua blacbucks, sejenis rusa antelope hitam langka yang sangat dilindungi di India.

Perburuan ini dilakukan Salman Khan bersama kedua orang rekannya, Saif Ali Khan dan Sonali Bendre saat tengah syuting film terjadi di wilayah kota Jodhpur.

Saat perburuan terjadi, Salman Khan dipergoki warga sekitar dan langsung dibawa menuju pihak berwajib. Saat sidang awal, Salman Khan melawan 28 saksi yang menyatakan dirinya telah membunuh blackbuck tersebut.

Walau Salman diputus bersalah, kedua rekan Salman Khan malah diputus bebas karena kurangnya bukti yang ditemukan penyidik.

Sidang tersebut dihadiri oleh ratusan penggemarnya yang tak putus memberinya dukungan. Bahkan pihak kepolisian menyiapkan ratusan personil yang siap berjaga mengamankan jalannya sidang aktor macho tersebut.

Pihak Salman Khan berdalih bahwa apa yang ia lakukan sebenarnya telah berada dibawah pengawasan petugas kehutanan. Selain itu, blackbuck yang tengah diburu disinyalir telah sakit sebelumnya. Tak hanya itu, pengacaranya juga mengatakan bahwa kliennya hanya membawa sebuah senapan angin (air gun) yang tak mungkin dapat digunakan berburu antelope.

Masih Diberi Kesempatan Pengajuan Banding

Jaksa penuntut umum dalam kasus tersebut, Bhawani Singh, mengatakan bahwa pihak Salman Khan masih dapat mengajukan banding ke pengadilan tinggi.

Bila permohonan banding diterima maka ada kemungkinan pemeran Pavan sang ‘Bhaijaan’ tersebut akan dapat diberikan jaminan mengenai penahanannya atau penangguhan hukuman. Saat ini, Salman Khan akan segera ditahan di penjara kota Jodhpur setelah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga: Tak Dinyana, 5 Seleb Bollywood Ini Jalankan Ibadah Puasa

Sosok Salman Khan di dunia artis Bollywood memang telah menjadi seorang legenda. Saat ini, ia termasuk dalam jajaran aktor termahal di India, tepat berada dibawah Sakh Rukh Khan. Publik India tentunya sangat menyayangkan keterlibatan Salman pada kasus tersebut. Semoga saja kasus hukumnya bisa segera mendapat titik terang dan kembali berkarya.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.