Sandhy Sandoro Pilih Lebarkan Sayap Bermusiknya di Jerman

Go International merupakan impian semua penyanyi yang ada di muka bumi ini. Termasuk penyanyi bersuara emas, Sandhy Sandoro. Namun, ia memilih memulai  karir internasionalnya di Jerman. Tak hanya itu, rupanya Sandhy juga mendapat sebuah prestasi yang patut diacungi jempol, yakni menjadi warga Negara kehormatan di Negara Jerman, plus visa seumur hidup dari pemerintah negara tersebut.

Sandhy Sandoro mendapat warga negara kehormatan di Jerman. ~ viva.id
Sandhy Sandoro mendapat warga negara kehormatan di Jerman. ~ viva.id

Tentu Sandhy tidak membuang-buang kesempatan emas tersebut. Ia menjadi anugerah tersebut sebagai pemulus untuk karir bermusiknya. Bahkan dalam setahun ini, ia sudah dua kali bolak-balik ke Jerman. Katanya, di sana ia bisa melakukan apa saja, mulai dari jalan-jalan hingga membuat lagu kemudian ia produksi. Hal yang terpenting yang harus ia jaga adalah menjaga hubungannya denga warga Jerman dengan baik dan tidak membuat masalah.

Kegiatan yang kini ia geluti adalah merampungkan sebuah lagu dalam bahasa Jerman. Kemudian mencari label musik Jerman yang mau mendistribusikan karyanya tersebut. Tak hanya itu, ia juga rajin mendaftarkan karyanya yang berupa lagu ke badan hak cipta di sana. “Karena jelas, mereka melindungi. Semua lagu saya, bukan terdaftar di Indonesia tapi malah Jerman,” ujar Sandhy.

“Saya enggak mau kalau saya sudah enggak ada, anak saya enggak bisa dapat royalti dari lagu-lagu saya,” sambungnya.

Namun, ia menegaskan bahwa seseorang dari negara lain baru bisa mendaftarkan karyanya ke Jerman hanya jika memegang visa khusus seperti dirinya. “Misalnya ada yang iseng berkarier di Jerman sebagai musisi atau apa, terus mendaftarkan, enggak bisa. Harus begitu syaratnya,”

Asal-muasal suami Ade Sechan tersebut mendapat visa seumur hidup seperti yang diberikan juga kepada mantan presiden B.J Habibie, karena dedikasinya yang begitu tinggi di bidang musik. Tak hanya itu, ia juga dianggap berjasa pada Jerman, karena mengawali musiknya di sana dan membawa nama baik Jerman saat memenangi sebuah ajang kompetisi menyanyi bergengsi di Eropa.

Ia juga mengaku ingin menghasbiskan masa tuanya di Jerman. Kendati begitu, ia tetap warga Negara Indonesia. Visa yang dipegangnya memang membolehkan Sandhy tinggal di sana seumur hidup, asal pergi sebelum jatuh bulan ke-enam dan kembali lagi.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.