Sebelum Meninggal, Budi Anduk Sempat Dikira Terkena Santet dan Guna-guna

Komedian Budi Anduk akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada hari ini. Tepatnya berita duka diterima awak media kurang lebih pukul 15:00 sore ini. Sebelumnya Budi Anduk memang menghilang dari layar komedi Indonesia. Tak dinyana komedian kriting yang lekat dengan jargonya Coy dalam memanggil lawan mainya tersebut, tergeletak tak berdaya melawan penyakitnya.

Budi Anduk meninggal dunia karena kanker paru-paru dan bukan guna-guna seperti gosip selama ini~ m.joss.today
Budi Anduk meninggal dunia karena kanker bukan guna-guna~ m.joss.today

Mirisnya lagi saat sakit, kehidupan Budi Anduk praktis tak pernah lagi tercium oleh media. Baru beberapa hari belakangan ini sakitnya Budi Anduk diendus media dan diketahui oleh komedian lainya. Sebelumnya terdengar rumor yang menyebutkan bahwa bintang Tawa Sutra ini, mengidap penyakit aneh yang membuatnya terkapar tak berdaya.

Sempat beredar rumor bahwa Budi diguna-gunai atau disantet orang yang tak suka dengan kesuksesanya. Namun hal ini lantas dibantah oleh sahabat-sahabat almarhum. Adik Budi Anduk yang bernama Winda juga menegsakn bahwa sang kakak mengalami kanker paru-paru stadium 4 yang mengancam nyawanya.

“Sekarang kondisinya sangat kritis karena kanker paru-paru stadium 4. Dua hari lalu dibawa ke rumah sakitnya saat kondisinya masih stabil. empat tidak mau mungkin karena takut dokter. Soalnya sempet beberapa kali masuk rumah sakit di Cirebon. Bulan puasa masuk juga, sempet disedot cairan di paru-paru,” kata Winda beberapa jam sebelum Budi Anduk dikabarkan meninggal dunia.

Keluarga sebenarnya sudha pasrah menghadapi penyakit Budi Anduk. Dokter pun smepat mengatakan hanya mukjizatlah yang mmapu menyelamatkan pelawak yang mengawali kariernya sebagai figuran di acara lawak Patrio  ini. Namun apa daya tubuh ringkih Budi Anduk akhirnya tak kuasa menerima gempuran penyakit yang menderanya.

Namun saat-saat terkahirnya sebelum meninggal, Budi Anduk dikelilingi oleh orang-orang yang mencintainya. Termasuk para sahabat dan komedian seperti Daus Mini, Daus Separo, Bopak dan lain-lain. “Banyak mba hampir semua teman-temannya datang, Daus Mini, Daus Separo, Bopak dan lain-lain. Sekali lagi mohon doanya, rasanya begitu berat. Sedih sekali,” ujar Winda adiuk almarhum Budi Anduk.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.