Sejarah Hari Ini: April Fools Day, Hari “Halal” Untuk Berbuat Jahil

Jika tanggal 14 Februari selalu diperingati sebagai hari Valentine, hari untuk berkasih sayang, maka tanggal 1 April hari ini saatnya bagi kamu untuk berbuat iseng pada temanmu. 1 April yang terkenal dengan nama April Mop atau April Fools adalah saat dimana kamu bisa bebas dan “halal” untuk berbuat jail kepada orang lain disekitarmu. Namun darimana ya sebenarnya budaya April Fools ini berasal?

Sejarah April Fools day hari ini
Sejarah April Fools day yang diperingati hari ini~newsilike.in

Menurut sejarahnya, April Fools day atau April Mop ini adalah kesalah pahaman dalam memperingati tahun baru. Budaya kuno, termasuk dari orang-orang Romawi merayakan Hari Tahun Baru pada atau sekitar April 1. Hal ini erat kaitanya dengan peristiwa vernal equinox (20 Maret atau 21 Maret). Pada tanggal ini, musim dingin akan segera berakhir dan berganti dengan musim panas atau musim semi. Pada abad pertengahan, sebagian besar Eropa juga merayakan tahun baru pada tanggal 25 Maret dan menyebutnya sebagai Hari Raya Kabar Sukacita

Pada 1582, Paus Gregorius XIII memerintahkan penggunaan kalender baru (Kalender Gregorian) untuk menggantikan Kalender Julian tua. Pada kalender baru memerintahkan bahwa Hari Tahun Baru harus dirayakan setiap tanggal 1 Januari. Prancis adalah negara pertama yang langsung mengikuti keputusan tersebut dan mengubah perayaan tahun baru pada tanggal 1 Januari.

Namun sayang tak semua orang mau menerima begitu saja keputusan Paus Gregorius XIII ini. Banyak juga orang yang tetap berpegang teguh pada pendirian mereka untuk merayakan tahun baru di tanggal 1 April ini. Mereka yang patuh dengan keputusan penggunaan kalender Gregorian, kemudian membuat candaan dan saling ejek bagi mereka yang masih merayakan tahun baru pada tanggal 1 April.

April Fools Day,bebas berbuat jahil
April Fools Day, saat kamu bebas untuk berbuat jahil kepada teman dan sahabatmu~idiva.com

Mereka beranggapan mereka yang merayakan tahun baru pada tanggal 1 April adalah orang yang Aneh dan bodoh (fools). Dan pada perkembanganya, budaya ejekan dan cemoohan untuk mereka yang merayakan tahun baru pada 1 April ini, berubah menjadi ajang kejailan satu sama lain. Biasanya, banyak sekali tercipta hoax, kabar bohong, informasi palsu dan juga berbagai macam kejailan lainnya untuk merayakan April fools day ini.

Inilah mengapa setiap tanggal 1 April, orang akan saling melakukan kejailan (prank) atau menyebarkan hoax di setyiap tanggal ini. Di Indonesia, budaya April Fools ini tentu saja tak setenar budaya valentine. Namun kamu masih bisa kok untik berbuat jahil kepada temanmu. Jika dia marah, beritahu saja ini adalah April Fools day dan kamu bebas untuk melakukan kejahilan. Tapii.. pilih bentuk kejailan yang aman dan tidak berbahaya ya sahabat Beranda. Happy April Fools Day!

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.