Sejarah Hari Ini: Ulang Tahun dan Fakta Unik Aktor Jackie Chan

Selain Siwon Suju yang tengah berulang tahun hari ini, aktor Hongkong paling terkenal di seluruh dunia, Jackie Chan ternyata juga berulang tahun hari ini. Jackie Chan yang terlahir dengan nama Chan Kong San lahir pada 7 April 1954 Victoria peak Brirtish Hongkong. Jackie adalah putra dari Charles dan Lee Lee Chan yang merupakan seorang pengungsi asal China.

ulang tahun aktor laga terkenal, Jackie Chan
Sejarah hari ini: ulang tahun aktor laga terkenal, Jackie Chan~http://www.jackiechan.com

Jackie Chan disebut sebagai salah satu aktor Asia yang paling terkenal, paling sukses dan mungkin terkaya saat ini. Beberapa film Box office tak hanya di Asia tetapi juga di Hollywood , mengukuhkan namanya sebagai salah satu aktor laga asal Asia yang dihormati di seluruh dunia. “Police Story”, “Armour of God”, “Rush Hour”, “The Medalion”, “Who Am I” dan banyak lagi film besar yang telah diperankanya. Namun tahukah Anda bahwa ternyata orang tua Jackie Chan itu dulumnya adalah mata-mata dan menelantarkanya begitu saja ketika ia masih kecil? Ya inilah dia beberapa fakta unik yang jarang diketahui dari sosok aktor Jackie Chan

Berhubung ayahnya adalah seorang mata-mata asal China dan ibunya pengedar Opium,Jackie Chan ditinggalkan begitu saja oleh orang tuanya saat kecil. Orang tuanya lantas pergi ke Australia dan meninggalkanya begitu saja di sekolah asrama. Pada usia 8 tahun, Jackie memulai debutnya sebagai salah satu calon bintang besar dunia.

Jackie Chan pernah beberapa kali hampir kehilangan nyawa saat berperan dalam film. Kebiasaan Jackie Chan yang jarang menggunakan stuntman saat beraksi didepan kamera pernah hampir beberapa kali merenggut nyawanya. Saat melakukan syuting di tahun 1986, Jackie Chan pernah mengalami cidera parah hingga tulang tengkoraknya retak dan nyaris melukai otaknya dan merenggut nyawanya.

Jackie Chan tidak begitu menyukai Holywood. Boleh-boleh saja beberapa filmya seperti Rush Hour dan Shanghai Noon sukses besar di Holywood. Namun secara pribadi, ayah satu anak ini ternyata tidak begitu menyukai Hollywood. Dia tak paham dengan selera humor Hollywood yang menurutnya aneh dan tak masuk akal.

Rush Hour  film sukses Jackie Chan
Rush Hour, salah satu film sukses Jackie Chan di Hollywood~www.pinterest.com

Jackie Chan yang perfeksionis pernah mengulang satu adegan hingga 2900 kali. Hal ini dilakoninya saat menjadi sutradara untuk film Dragon Lord di tahun 1982. Saat adegan pembuka yang hanya berdurasi sekitar 10 menit, Jackie Chan terus menggulang adegan hingga 2900 kali guna mendapat angel dan timing yang pas dan sempurna.

Jackie Chan juga adalah seorang penyanyi dengan 20 album yang telah dirilis. Tak banyak yang tahu bahwasanya Jackie Chan ternyata juga berbakat menyanyi. Bahkan pria ini telah merilis sekitar 20 album . Salah satu lagu yang pernah dinyanyikan adalah “Young Master” dan menjadi pengisi lagu ‘I’ll Make a Man Out of You’ untuk animasi Mulan.

Jackie Chan punya organisasi yang memberikan perlindungan dan advokasi untuk para stuntntman. Mengetahui betapa beresikonya menjadi stuntnman, Jackie Chan lantas mendirikan suatu organisasi bernama ‘Sing Kar Pan or Jackie Chan’s Stuntmen Association’ yang tak hanya memberikan advokasi tapi juga pelatihan untuk menjadi seorang stuntnman.

Adegan laga  berbahaya sering kali dilakoni Jackie Chan
Adegan laga tanpa stuntnman sering kali dilakoni oleh Jackie Chan~www.flixist.com

Jackie Chan memgang rekor sebagai aktor dan produser plus beberapa pekerjaan lain yang dilakoni oleh satu orang. Jackie Chan adalah sutradara, penulis, aktor utama, produser eksekutif, produser, produser Unit, art director, sinematografer, manajer, prop man, koordinator aksi, stuntman, Gaffer, vokalis, komposer dan bahkan pengusaha katering dan karoke serta pemilik bisokop. Wow…

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.