Sejarah Mencatat : Kilas Balik Hari Maritim Indonesia

Tanggal 21 Agustus selalu menjadi hari istimewa. Bukan hanya karena hari ini masih menjadi bagian dari perayaan Dirgahayu Replublik Indonesia. Setiap tanggal 21 Agustus, seluruh rakyat Indonesia merayakan hari Maritim Nasional. Dihari ini, kita diajak untuk lebih mencintai laut yang ada di bumi pertiwi.

Hari Maritim Nasional
Hari Maritim Nasional

Sebagai negara kepulauan, rasanya tak heran lagi bila Indonesia memiliki banyak sekali daerah perairan. Bahkan negara kita tercinta ini tercatat sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang. Indonesia memiliki 81.000 km garis pantai yang merupakan 14% dari total garis pantai di seluruh dunia. Daerah perairan kita sendiri seluas 5,8 juta km2 atau setara dengan 70% dari luas keseluruhan negara Indonesia.

Inilah yang membuat Indonesia sebagai negara Maritim paling luas di dunia.

Lalu, bagaimana sih sejarah hari Maritim Nasional yang jatuh tepat pada hari ini, 21 Agustus?

Hari Maritim Nasional bermula dari kesadaran bahwa sejak dulu, Indonesia memiliki armada laut yang kuat. Hal tersebut tak lain karena banyaknya kerajaan-kerajaan Maritim yang sudah ada sejak Abad ke 9 Masehi. Seperti misalnya Kerajaan Sriwijaya (tahun 683-1030 M) yang merupakan kerajaan Maritim terbesar di Indonesia. Bukan hanya terkuat, kerajaan Sriwijaya pun memiliki armada laut paling kuat di jagat Indonesia. Namun disebutkan, guna memperkuat armada dalam mengamankan lalu lintas perdagangan melalui laut, Sriwijaya memanfaatkan sumber daya manusia yang tersebar di seluruh wilayah kekuasaannya, yang kini disebut “kekuatan pengganda”.

Inilah yang menjadi awal mula dari hari Maritim Nasional 21 Agustus.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.