Selamat Datang di Nollywood, Pesaing Ketat Hollywood

Jika dulu kita hanya mengenal Hollywood dan Bollywood sebagai industri film terbesar di dunia, maka sekarang ada lagi yang disebut Nollywood, apakah itu?

Parodi Hollywood, Nollywood
Parodi Hollywood, Nollywood

Sejatinya, Nollywood merupakan sebutan industri film Nigeria. Disebut begitu karena Nigeria akhir-akhir ini sudah memproduksi banyak film, bahkan menjadi terbanyak kedua setelah Bollywood. Bahkan, Hollywood saja hanya menempati posisi ke-3.

Tidak sedikit film Nigeria yang mendulang banyak keuntungan. Bahkan, karya-karyanya pun bisa dibilang lebih baik daripada produksi industri film lain. 30 Days In Atlanta misalnya, film dokumenter ini merupakan satu dari sekian film Nigeria yang patut diacungi jempol.

Para pelaku industri film profesional dan pakar film yang penasaran pun pergi ke Nigeria untuk menanyakan cara memasarkan film-film Nigeria yang berkembang pesat beberapa tahun ke belakang.

“ini merupakan industri besar (di Nigeria), dengan pekerja hampir sejuta orang, penghasilannya pun hampir US$500 juta per tahun,” Ujar Fidelis Duker, produser film-film Nollywood.

Nigeria memproduksi lebih dari ribuan film setiap tahunnya. Sebagian besar hanya diproduksi dengan budget rendah. Namun, kualitas filmnya pun bisa bersaing dengan film-film Hollywood. Bahkan, distribusi film-film Nollywood ini hanya menggunakan DVD, dengan anggaran hanya sekian puluh ribu dolar.