Selamat Hari Kartini! Rupa Kartini Masa Kini di Kalangan Selebriti

Selamat Hari Kartini untuk semua wanita Indonesia. Adalah hal yang mustahil bagi kita –Perempan- untuk  menikmati kesetaraan berkehidupan sosial dengan para pria jika tanpa perjuangan pahlawan perempuan Indonesia yakni Raden Ajeng Kartini, atau akrab kita sapa Ibu Kartini.

Hari Kartini yang jatuh pada hari ini. ~ wikimedia.org
Hari Kartini yang jatuh pada hari ini. ~ wikimedia.org

Kartini merupakan bagian dari lembaran sejarah yang patut untuk di kenang dan dikagumi, menjadi sosok yang sangat inspiratif bagi wanita modern sekarang ini. Semua wanita dari kalangan mana pun bebas menyuarakan hak-haknya sebagai perempuan. Tak terkecuali dari kalangan selebriti, Berikut artis-artis Indonesia yang diyakini sebagai jelmaan Kartini masa kini.

  • Lola Amaria

    Lola Amaria. ~ artisfes.com
    Lola Amaria. ~ artisfes.com

Wanita cantik yang merupakan pemain sinetron sekaligus produser dianggap sebagai Kartini Masa Kini. melalui berbagai karyanya, ia membuktikan bahwa dirinya tidak hanya peduli pada kaum perempuan, tapi juga berbuat dan bersuara membela hak-hak perempuan Indonesia yang terpinggirkan, khususnya kaum buruh perempuan. Lola Amaria membuat film yang menyentuh pesoalan buruh perempuan, judulnya Kisah 3 Titik. Sebelumnya, Lola juga pernah meproduseri sebuah film dengan tema perempuan Indonesia yang bekerja sebagai buruh di Hong Kong, berjudul Minggu Pagi di Victoria Park pada 2010 silam.

  • Melanie Subono

    Melanie Subono.  ~liputa6.com
    Melanie Subono. ~liputa6.com

Musisi perempuan yang dikenal sebagai artis yang sangat peka dengan isu-isu di Indonesia dan kerap kali memperjuangkan hak-hak serta kepentinga masyarakat kecil. Melanie dianggap sebagai aktivis muda karena menunjukkan kelebihannya sebagai seorang wanita modern yang berani dan lugas.  Melanie tergerak membuat Rumah Harapan, sebuah wadah kegiatan sosial untuk mewujudkan keinginan dan memberikan harapan, mulai dari mengabulkan keinginan seorang pasien kritis hingga membantu pendidikan untuk masyarakat di daerah terpencil salah satunya; Papua. Ia juga kini aktif di berbagai isu sosial, seperti gender, HAM, hak pekerja, fauna dan lingkungan hidup

  • Nurul Arifin

    Nurul Arifin. ~ viva.id
    Nurul Arifin. ~ viva.id

Artis yang juga merupakan seorang politisi ini merupakan sosok yang masih terus berjuang untuk mengubah pandangan wanita dalam kondisi kekinian. Wanita berkacamata ini tengah disibukkan menjadi seorang aktivis yang menyuarakan penderitaan korban AIDS, Narkoba dan kekerasa pada perempuan. Bagi wanita yang dua kali menerima beasiswa dari Ford Foundation ini, masalah soal jender adalah masalah yang peka. Mengingat dirinya juga adalah seorang wanita, yang sudah seharusnya membantu menegakkan hak-hak wanita sesamanya. Sederat penghargaan International telah ia bawa pulang atas kepeduliannya kepada wanita, salah satunya mewakili Indonesia dalam Asia Pasific Festival Conference of Women in The Art di Filipina.

  • Ratna Surampaet.

    ratna surampaet. ~tempo.co
    ratna surampaet. ~tempo.co

Seniman, artis, pemain teater dan sekaligus aktivis perempuan disandang perempuan paruh baya ini. Baru-baru ini, untuk menyambut hari Kartini, ia mengajak perempuan Indonesia meramaikan Bundaran Hotel Indonesia untuk menggelar aksi damai “perempuan Indonesia Menggugat.” Kabarnya Ratna akan menggugat kebijakan-kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga-harga hingga kemerosotan moral yang juga membahayakan generasi muda, terutama anak-anak.

  • Sherina Munaf

    Sherina Munaf. ~ malesbanget.com
    Sherina Munaf. ~ malesbanget.com

Rupanya anak muda Indonesia tidak ingin ketinggalan untuk mengambil peran sebagai Kartini masa kini. perempuan kelahiran 1990 ini cukup membuktikan karya dan sepak terjangnya di bidang sosial. Dia terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk mengisi acara amal yang digelar oleh Jackie Chan untuk korban gempa tsunami di Jepang.

Tak hanya itu, Sherina juga mengharumkan nama bangsa dengan ditunjuk sebagai duta One Young World pada tahun 2011. Sebagai perwakilan generasi muda, Sherina memberikan imej positif dan menginspirasi para pemuda-pemudi lainnya. Kini ia juga aktif menyuarakan isu pendidikan anak Indonesia melalui pengembangan minat baca lewat penyediaan fasilitas perpustakaan di sekolah-sekolah.

Itulah deretan artis yang tak hanya cantik, berprestasi di dunia industri, namun juga cerdas dalam mencerna isu-isu sosial, khususnya dalam ruang lingkup hak dan kewajiban wanita. Semoga prestasi dan aksi nyata yang mereka lakukan bisa menjadi motivasi untuk semua perempuan dalam memperjuangkan haknya yang utuh.

 

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.