Selamat Hari Maritim Nasional! Ini 5 Fakta Menarik Dunia Maritim Indonesia

Lagu ‘Nenek Moyangku Seorang Pelaut’ yang sering kita dengar sewaktu masih kecil memang sangat legenda. Lagu tersebut seakan mengungkapkan sisi lain dari bangsa Indonesia yang mempunyai latar belakang sebagai petarung laut yang tangguh, mengingat letak negara kita yang dikelilingi oleh laut dan samudera yang terbentang luas.

Selamat Hari Maritim Nasional. ~benuailmu.com
Selamat Hari Maritim Nasional. ~benuailmu.com

Tepat hari ini pada tanggal 21 Agustus, Indonesia sedang memperingati Hari Maritim Nasional. Sebagai salah satu negara maritim terbesar, keindahan wilayah laut Indonesia sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Mulai dari wisata pantai hingga wisata biota bawah laut yang tak pernah sepi dikunjungi turis lokal maupun turis mancanegara. Dan di balik keindahan laut Ibu Pertiwi, tentu Indonesia mempunyai ribuan fakta menarik mengenai dunia kemaritimnnya. Berikut beberapa ulasannya:

  1. Indonesia punya dua suku laut, Suku Bajo dan Suku Sekak.
    Indonesia punya dua suku laut, Suku Bajo dan Suku Sekak. ~ beranda.coi.id
    Indonesia punya dua suku laut, Suku Bajo dan Suku Sekak. ~ beranda.coi.id

    Seperti yang kita ketahui, Indonesia mempunya ragam suku yang tersebar setiap pulau. Namun, berbeda dengan suku laut, Indonesia dikenal mempunyai dua suku laut, yakni suku Bajo dan suku Sekak. Suku Bajo dikenal sebagai pelaut-pelaut yang tangguh. Namun, sejarah lebih mengenal suku Makassar, suku Bugis, atau suku Mandar, sebagai raja di lautan. Selain itu, suku Bajo pernah disebut-sebut pernah menjadi bagian dari Angkatan Laut Kerajaan Sriwijaya. Sehingga, ketangguhan dan keterampilannya mengarungi samudera jelas tidak terbantahkan
    Sedangkan suku Sekak, koloni orang laut yang berdiam di Bangka Belitung dan sekitar perairan Riau. Suku Sekak mempunyai alat unik untuk menangkap ikan, yakni Bubu atau perangkap ikan dari bambu dikeringkan di depan rumah warga di Kampung Pongok, Bangka Selatan. Meski tergolong kuno, bubu adalah alat tangkap paling modern yang digunakan Suku Sekak. Meski demikian, kelangsungan hidup suku Sekak kini telah terancam puna. Orang Laut kadang-kadang dijuluki sebagai “kelana laut”, karena mereka hidup berpindah-pindah di atas perahu.

  1. Garis Pantai Indonesia
    Garis Pantai Indonesia. ~kridewaruci.com
    Garis Pantai Indonesia. ~kridewaruci.com

    Panjang garis pantai di Indonesia lebih dari 95.181 km, terpanjang keempat di dunia. Sedangkan negara pemilik  garis pantai terpanjang diduduki Amerika Serikat (AS), lalu Kanada. Sebelumnya, Kanada menduduki urutan pertama dengan panjang garis pantai 243.792 km dengan 52.455 pulau. Sementara itu, Indonesia sekarang tidak lagi memiliki lebih dari 17.500 pulau, tetapi kurang lebih 17.480 pulau. Sebagai negara kepulauan terbesar dengan luas lautan tiga per empat dari luas daratan, dan bertambah panjangnya garis pantai tersebut, melalui sebuah penelitian disebutkan bahwa sektor kelautan mampu menyumbang US$ 140 miliar per tahun.

  2. Ritual Mandi Khatulistiwa
    Ritual Mandi Khatulistiwa. ~ tataruangpertanahan.com
    Ritual Mandi Khatulistiwa. ~ tataruangpertanahan.com

    Setiap pelaut yang melintasi yang baru melintasi garis khatulistiwa harus menjalani ritual mandi khatulistiwa. Mereka semua mandi dengan disiram air laut. Mitosnya, Sang penguasa laut, Dewa Neptunus akan muncul ketika ada ritual khusus saat ”mewisuda” pelaut muda yang baru kali pertama melintasi garis khatulistiwa. Para pelaut meyakini, mereka yang telah mengikuti upacara mandi khatulistiwa akan mendapatkan keselamatan, kesehatan, dijauhkan dari segala gangguan, dan tidak akan mabuk laut saat berlayar mengarungi lautan di mana pun.

  3. Mitos Tentang Keterkaitan Antara Negara Madagaskar dan Makassar.
    Mitor Tentang Keterkaitan Antara Negara Madagaskar dan Makassar. ~ berand.co.id
    Mitor Tentang Keterkaitan Antara Negara Madagaskar dan Makassar. ~ berand.co.id

    Konon negara Madagaskar yang berada di sebelah tenggara Afrika berasal dari kata “Makassar”. Cerita punya cerita para pelaut bugis diduga pernah mengembarara dan terdampar di sana.

  4. Indonesia Rumah Bagi Ribuan Spesies Ikan.
    Indonesia Rumah Bagi Ribuan Spesies Ikan. ~btravindonesia.com
    Indonesia Rumah Bagi Ribuan Spesies Ikan. ~btravindonesia.com

    Dengan hamparan laut yang luas, tentu Indonesia mempunyai ragam spesies ikan. Namun, menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), baru sekitar 1.300 yang dikenali dan diteliti! Ikan langka yang dilindungi juga banyak di lautan kita. Seperti ikan Napoleon, pari manta oseanik (Manta b irostris ), hiu paus, hiu gergaji, ikan raja laut, dan lainnya. Selain itu, lautan Indonesia juga sebagai penyimpan spesies hiu terbanyak. Seperti kita tahu, hiu adalah salah satu jenis ikan yang sangat populer. Dari sekitar 400 jenis ikan hiu di dunia, sekitar 150-nya ada di perairan Indonesia. Jumlah ini yang terbanyak di dunia. Hiu terbesar, yaitu hiu paus, juga ada di Indonesia. Ada 4 jenis hiu langka yang dilindungi dan hidup di Indonesia: Sphyrna lewini , Sphyrna z ygaena , Spyrna m okarran   (semuanya hiu martil), dan Carcharhinus longimanus  (hiu koboi).

Itulah beberapa fakta menarik dari dunia maritime Indonesia yang kita banggakan. Namun, selain fakta menarik, dunia maritim Indonesia juga rupanya terancam dengan berbagai tindakan illegal oleh pihak asing yang nantinya tidak menutup kemungkinan dapat mengancam kehidupan laut kita. Seperti banyaknya terjadi pencurian ikan, pasir dan beberapa komoditas laut oleh beberapa kapal yang berbendera negara lain. Sudah seharusnya jika mereka memasuki wilayah Zona Ekonomi Exclusive (ZEE), jika tidak mengindahkan peringatan 3x kali langsung tembak ditempat saja. Tidak ada kompromi. Tidak ada negosiasi. Jangan sampai negara kita menjadi olok-olok karena semua orang bisa dibeli dengan uang atau barang. Tegakkan harga diri bangsa.

Sekali lagi, Selamat Hari Maritim Nasional. Seperti semboyan TNI Angkatan Laut mari kita teriakkan “Jalesveva Jayamahe!”

Di lautan Kita Jaya!

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.