Selamat Jalan Wes Craven Sang Maestro Film Horor

Jarang yang tidak mengenal Wes Craven. Sutradara yang disebut-sebut sebagai salah satu legenda film-film slash horror klasik ini meninggal hari ini (31/8). Banyak karya-karya horor klasiknya yang menjadi salah satu kiblat film horor lain, seperti A Nightmare on Elm Street dan Scream.

Wes Craven
Wes Craven

Berita duka ini benar adanya, bukan merupakan Hoax. Wes Craven dikonfirmasi soal meninggalnya melalui akun resmi sang sutradara yang dikelola oleh beberapa rekannya. Craven meninggal di usia 76 akibat kanker otak. Jika merasa ‘Scream’ dan ‘A Nightmare on Elm Street’ memiliki teror tersendiri pada masing-masing film, itu memang berasal dibalik kejeniusan Wes Craven untuk mengolah suasana film tersebut.

Jika pada biasanya, film horor hanya ditekankan pada tokoh utamanya, yaitu si pembunuh atau makhluknya, beda halnya dengan film-film besutan Wes Craven. Banyak dari film Wes Craven ini yang justru menekankan pada tokoh-tokoh utama yang menjadi korban, dibandingkan hanya memfokuskan pada karakter pembunuhnya.

Film-film Wes Craven memang tidak semuanya menembus Box Office, namun, banyak dari karyanya yang juga menginspirasi tokoh-tokoh pembunuh lain di ranah horor dan non-horor.