Canggih, Adidas Buat Sepatu Dari Sampah Plastik

Perusahaan apparel ternama asal Jerman, Adidas, belum lama ini meluncurkan produk baru yang diberi nama Boost Uncaged x Parley. Namun tidak seperti sepatu keluaran terbaru pada umumnya, running shoes ini terbuat dari sampah plastik yang biasa mencemari lingkungan.

Menurut keterangan yang dikeluarkan oleh Adidas, sepatu Boost Uncaged x Parley ini menggunakan bahan-bahan yang sangat ramah lingkungan.

Sepatu Adidas
Sepatu Adidas

Hampir semua bagian dari sepatu lari ini dibuat dengan bahan-bahan yang bisa didaur ulang. Tali, heel, cap base, heel webbing, heel lining, dan sock-liner, semua menggunakan material yang ramah lignkungan. Sementara bahan utama sepatu menggunakan kombinasi 95 persen sampah plastik lautan dan sisanya polyester yang juga bisa diadaur ulang, sebagaimana dilansir oleh Pop Sugar.

Hingga kini foto yang beredar di dunia maya hanya menunjukkan sepatu Adidas Boost Uncaged x Parley tersedia dalam warna putih dengan aksen biru. Tidak ada penjelasan lebih lanjut apakah nantinya akan dirilis varian lain dengan warna yang berbeda.

Sepatu Adidas Terbaru
Sepatu Adidas Terbaru

Meski terdengar remeh, sampah plastik sebenarya merupakan ancaman terbesar bagi ekosistem laut dan juga kehidupan manusia. Bayangkan saja, ikan-ikan yang mengonsumsi sampah di lautan nantinya bisa saja ditangkap dan kemudian disajikan sebagai makanan di atas piring, sebagaimana dijelaskan dalam video promosi yang dirilis Adidas.

Berbagai penelitian dan data juga mendukung argumen Adidas tersebut. Menurut ScienceMag, empat hingga 12 juta metrik ton sampah plastik tercatat mencemari lautan seluruh dunia dan data ini di ambil pada 2010 silam. Sementara data lain dari SustainableCommunication menyebutkan bahwa tiap tahun lautan akan mendapat ‘sampah baru’ dengan total mencapai 6,35 miliar kilogram.

Sepatu terbaru dari Adidas ini bisa menjadi alternatif pas untuk kamu yang ingin tampil gaya, namun juga ikut andil dalam menjaga kondisi lingkungan. Selain itu, sepatu ini juga terhitung limited karena hanya akan diproduksi 7.000 pasang saja dan mulai dipasarkan pada November. Untuk bisa menebusnya, kamu harus merogoh kocek 220 dollar Amerika Serikat atau sekitar 2,8 juta rupiah.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.