Sering Dihina Secara Rasis, Begini Cara Ernest Prarakasa Jauhi Rasa Dendam

Nama Ernest Prakasa melambung menjadi public figure sejak terjun ke dunia stand up comedy Tanah Air. Sebagai komika dengan perawakan Cina, Ernest sudah terbiasa dengan hinaan berbau rasis yang sering dialamatkan kepadanya. Bahkan, ia hampir seluruh masa kecilnya ia habiskan dengan menerima cacian dan ejekan.

Sering Dihina Secara Rasis, Begini Cara Ernest Prarakasa Jauhi Rasa Dendam ~ bintang.com
Sering Dihina Secara Rasis, Begini Cara Ernest Prarakasa Jauhi Rasa Dendam ~ bintang.com

Tak mau diambil hati, Ernest justru menjadikan hinaan tersebut sebagai cambukan dan motivasi untuk meraih kesuksesan seperti yang ia rasakan sekarang ini. Alih-alih meratapi, ia malah sibuk menata dan menikmati hasil kerja kerasnya kini dan perlahan melupakan masa lalu suramnya. “Baru mulai (melupakan dihina orang) itu pas gue masuk stand-up comedy,” ucap Ernest Prakasa di sela-sela pemutaran film nya yang bertajuk Ngenest.

Lebih jauh, diakui Ernest, dunia komedi membuatnya ikhlas bertahun-tahun jadi korban ejekan dan cibiran orang lain. Sebab, ayah satu anak ini justru menjadikan hal itu sebagai sebuah lelucon. “Sejak gue berkomedi dan rajin menertawakan diri sendiri, justru perdamaian itu datang,” ujarnya.

Tak mudah memang menerima hinaan yang datang kepada kita, namun bagi Erenest dengan hati yang lapang ia mulai bisa tersenyum saat orang lain masih berlaku rasis dan kerap mengejeknya karena punya tampang khas Tionghoa.

“Waktu mulai stand-up di tahun 2011, gue juga mulai dipanggil Koh dan itu gue sudah lumayan senang. Dan kayaknya sekarang ini gue lebih ke yang baik-baik saja, enggak ada lagi masalah soal itu,”tandas lelaki 33 tahun tersebut.

Nur Wahyuni Utami

a girl who loves get lost in books, loves watching people and busy having fun in front of monitor. Coffee enthusiast.