4 SMA di Jakarta yang Tersohor ‘Telurkan’ Banyak Artis

Sudah bukan rahasia lagi jika Jakarta dikenal tidak hanya sebagai ibu kota Negara, namun juga kota impian. Jika ingin meraih sukses, maka taklukkan dulu ibu kota. Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang ingin bekarir di dunia hiburan, dengan menjadi artis.

Maka bukan sesuatu yang aneh, jika kemudian banyak artis-artis kenamaan di negeri ini dulunya pernah mengenyam pendidikan SMA di Jakarta. Jika diperhatikan seksama, beberapa sekolah bahkan rutin ‘menelurkan’ sosok terkenal dari waktu ke waktu.

Uniknya lagi, beberapa SMA yang dimaksud terletak di kawasan Setiabudi, Kemang, Pondok Labu, hingga Cilandak, atau dengan kata lain, sama-sama berada di Jakarta Selatan.

Penasaran? Berikut daftar empat SMA yang dikenal sebagai sekolah penghasil artis terkenal di Jakarta.

1. SMAN 3 Jakarta

Raffi Ahmad
Raffi Ahmad

SMAN 3 sudah cukup dikenal banyak orang sebagai sekolah yang berulang kali meluluskan murid beken karena karirnya di dunia hiburan.

Sekolah satu ini juga diingat publik karena prestasinya di bidang olahraga basket level SMA, namun tentu saja selain itu mereka juga tidak pernah absen menghasilkan sosok anyar untuk meramaikan dunia keartisan di Indonesia.

Beberapa artis yang pernah menimba ilmu di SMAN 3 Jakarta antara lain Raffi Ahmad, Nikita Willy, dan Ayushita.

2. SMAN 34 Jakarta

Raisa dan Afghan
Raisa dan Afghan

Kamu yang sering mengikuti perkembangan musik tanah air tentunya sudah sangat mengenal nama-nama macam Afgansyah Reza, Raisa Indriana, dan Giring, pentolan band ‘Nidji’. Nah, ternyata mereka bertiga memiliki kesamaan, pernah menempuh pendidikan SMA di tempat yang sama.

Seperti yang bisa diduga, Raisa, Afghan, dan Giring merupakan alumni SMAN 34 Jakarta, sekolah yang berlokasi di Jl. Margasatwa Raya nomor 1, Pondok Labu.

SMAN 34 sendiri tidak memiliki program khusus dalam membina talenta musik yang dimiliki oleh murid-muridnya, namun sekolah ini tetap menawarkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan pensi yang menarik, untuk menyalurkan bakat semua anak didik mereka.

3. Pangudi Luhur

Gerald Situmorang
Gerald Situmorang

Bagi mereka yang tinggal di Jakarta, SMA Pangudi Luhur identik dengan murid-murid dengan penampilan khas, yakni rambut gondrong. Entah ada hubungannya atau tidak, nyatanya ada banyak musisi dan juga artis terkenal yang pernah melewatkan masa SMA mereka di tempat ini.

Sekolah yang berlokasi di Brawijaya ini rupanya telah berhasil menghasilkan beberapa artis terkenal seperti Christian Sugiono dan juga DJ Winky Wiryawan. Tak ketinggalan, anggota band ‘Barasuara’, Gerald Situmorang, juga pernah bersekolah di Pangudi Luhur.

Bisa dibilang, image murid rambut gondrong yang kerap identik dengan hal-hal negatif di masyarakat, sukses dihapus oleh ketiga alumnus Pangudi Luhur di atas, yang kini lebih kondang di mata publik dengan prestasi mereka.

4. SMA Al Izhar

Kevin Aprilio
Kevin Aprilio

Mirip-mirip dengan Pangudi Luhur, SMA ini juga merupakan sekolah yang tidak jarang menghasilkan banyak artis ternama, terutama mereka yang berkarir di bidang musik.

Sebut saja Vidi Aldiano, Tasya Kamila – penyanyi cilik ternama di eranya, dan Kevin Aprilio. Sementara untuk generasi yang lebih muda, mencuat nama Ilham, Dhea, dan Febrian dari band ‘HiVi’, serta Iffy, yang merupakan anggota ‘Blink’.

Bagi kamu yang merasa punya bakat seni dan mungkin juga bercita-cita untuk mengikut jejak mereka menjadi artis, SMA Al Izhar merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk mengenyam pendidikan. Pasalnya, sekolah ini memang dikenal dengan berbagai prestasinya di bidang kesenian.

Aluna Nayaka

My formula of living is quite simple. I get up in the morning and I go to bed at night. In between I occupy myself as best as I can.