#StarWarsDay. Asal-Usul Tanggal 4 Mei Disebut Sebagai Hari Star Wars

Apa yang spesial pada tanggal 4 Mei ini? Bagi Anda yang tak tahu, rasanya tak ada yang spesial pada tanggal yang di tahun 2015 tepat jatuh pada hari Senin ini. Namun tidak bagi penggemar berat film Star Wars. Ya setiap tanggal 4 Mei, di seluruh dunia baik online maupun di dunia nyata, penggemar Star Wars akan memperingatinya sebagai Star Wars Day alias Hari Star Wars sedunia.

Peryaan Star Wars day dan asal usulnya yang diperingati setiap tanggal 4 Mei seperti hari ini~disneyparks.disney.go.com
Peryaan Star Wars day dan asal usulnya~disneyparks.disney.go.com

Yang unik, fans Star Wars akan mengatakan bahwa tanggal 4 Mei ini adalah hari libur mereka. Tanggal 4 Mei memang dipilih untuk memperingati hari Star Wars dimana 6 film Star Wars dirilis semuanya pada bulan Mei. Tak hanya itu saja, sutradara kawakan di film legendaris ini, George Lucas juga merayakan hari kelahirnya pada bulan ini tepatnya 14 Mei 2015 nanti. Inilah mengapa tanggal 4 Mei dipilih sebagai hari yang dikhusukan untuk perayaan Star Wars ini.

Sebenrnya, dipilihnya tanggal 4 Mei ini ada hubunganya dengan peristiwa politik di Inggris. Saat itu perdan menteri Margareth Thatcher untuk pertama kali tangal 4 Mei menduduki kursi Perdana Mentri di Inggirs pada tahun 1979. Dan dikarenakan hampir semua film Star Wars diirlis pada bulan Mei, maka diambilah tanggal 4 Mei ini sebagai penyatu untuk perayaan hari Star Wars yang dirayakan hingga kini.

pawai dan parade pengemar Star Wars dalam kostum karakter favorit mereka di film ini~au.ibtimes.com
parade pengemar Star Wars dalam kostum karakter favorit mereka ~au.ibtimes.com
Aksi teatrikal para Jedi di Star Wars Day yang jatuh tepat pada tanggal 4 mei hari ini~www.pha.jhu.edu
Aksi teatrikal para Jedi di Star Wars Day ~www.pha.jhu.edu

Tahun 2011, adalah untuk pertama kali Star Wars Day ini diperingati secara global dan besar-besaran di Ontario, Kanada. Saat itu, fans Star Wars dari seluruh dunia berkumpul di Toronto Underground Cinema untuk memperingati Hari Star Wars ini. Tak hanya itu, fans fanatiknya bahkan berkostum dan berdandan seperti idola mereka di Star Wars seeprti ratu Padmee Amilda, Chewbacca, Boba Fett, para Jedi dan masih banyak lagi. Mereke kemudian berpawai keliling kota dan menujukkan aksi theatrical seperti adegan dalam film Star Wars.

Seru, pastinya kata yang tepat untuk menggambarkan Star Wars Day ini. Karena itu untuk menunjukkan eksistensi para pengemar Star Wars ini hastag #starwarsday digunakan dan menjadi penanda bahwa hari inilah saat para penggemar film legendaris ini merayakan film favorit mereka ini. Di beberapa tempat, banyak toko game dan mainan anak memberikan diskon besar-besaran untuk action figure Star Wars. Tak hanyaoitu NASA konon mengirimkan pesan spesial dari angkasa luar untuk para penggemar Star Wars di Bumi. Wow! May the Fourth Be With You!

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.