Style Alert! Terkontaminasi Bakteri Dalam Softlens, Wanita Ini Alami Infeksi Mata

Perhatian keras bagi anda yang senang menggunakan softlens untuk memperbaiki penglihatan, maupun untuk sekedar bergaya mempercantik penampilan. Baru-baru ini seorang wanita asal Inggris bernama Jessica Greaney harus mengalami pengalaman buruk saat mengenakan aksesoris mata tersebut. Akibat tak memperhatikan kebersihan air untuk softlensnya, mata Greaney harus mengalami infeksi berat akibat adanya cacing yang menggerogiti matanya secara perlahan.

Style Alert! Terkontaminasi Bakteri Dalam Softlens, Wanita Ini Alami Infeksi Mata ~ bbc.com
Style Alert! Terkontaminasi Bakteri Dalam Softlens, Wanita Ini Alami Infeksi Mata ~ bbc.com

Awal mula kasus ini diketahui saat Greaney mendatangi sebuah rumah sakit di Inggris dengan keluhan mata kiri yang mengalami bengkak parah. Pada mulanya, dokter menduga bahwa Greaney hanya mengidap penyakit herpes, namun setelah diteliti lebih lanjut, dokter menemukan adanya sebuah lapisan dimatanya. Alhasil, dokter dengan segera mengangkat lapisan tersebut agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada mata Greaney.

Dari analisis dokter, rupanya Greaney mengidap penyakit Acanthamoeba keratitis, penyakit dimana sebuah amoeba berhasil masuk kedalam mata Greaney lalu menggerogotinya secara perlahan, alhasil mata kiri Greaney menjadi bengkak parah. Ditilik lebih lanjut, rupanya penyebab masuknya bakteri ini akibat penggunaan lensa kontak yang kotor, serta sempat terkontaminasi air dari wadah yang mengandung bakteri. Hasilnya? Mengerikan, jika tidak ditangani lebih lanjut bakteri ini tidak hanya menggerogoti bola mata, melainkan juga dapat menyerang tulang belakang orang yang mengidapnya.

Sebagai tindakan lebih lanjut pasca operasi pengangkatan, Greaney kini diharuskan untuk meneteskan sebuah obat tetes mata setiap 10 menit selama 7 hari berturut-turut. Hal tersebut tentu sangat terasa buruk, Greaney bahkan tak bisa tidur karena diharuskan meneteskan obat ini kala semua orang tertidur pulas dimalam hari. “Saya tidak diperbolehkan tidur selama seminggu” ujar Greaney. “Setelah hari keempat saya tak hanya menggila namun juga menangis setiap lima menit, tidak ada perubahan apa-apa” lanjutnya lagi. Beruntung, karena penanganan cepat dan juga rutin, Greaney kini merasakan matanya telah membaik dibandingkan sebelumnya. Hal ini tentunya menjadi pelajaran tak hanya bagi anda yang sering menggunakan softlens, tapi juga untuk semua orang agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Semoga bermanfaat.

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...