Suguhkan Adegan Berbahaya, “Dahsyatnya Anak Jalanan” Ditegur KPI

Acara Dahsyatnya Anak Jalanan yang ditayangkn RCTI pada tanggal 22 Januari 2016 yang lalu mendapat teguran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Pasalnya dalam acara tersebut, KPI melihat adanya indikasi penayangan adegan berbahaya yang tak layak ditayangkan saat jam prime time. KPI pun akhirnya memberikan peringataan untuk acara yang dipandu Raffi Ahmad dan kawan-kawan tersebut.

Suguhkan adegan berbahaya bagi pemirsa yang menonton, Dahsyatnya Anak Jalanan ditegur KPI~ www.wowkeren.com
Suguhkan adegan berbahaya, Dahsyatnya Anak Jalanan ditegur KPI~ www.wowkeren.com

Hal ini bermula saat Dahsyat mengundana para pemain sinteron Anak Jalanan. Selain mengundang para pemainya, acara ini juga menyuguhkan berbagai atraksi pengguna sepeda motor khas sinteron Anak Jalanan. Dan dalam salah satu adegan dimana dua orang pria ditutup matanya saat mengendari sepeda motor inilah yang akhirnya mendapat teguran dari KPI.

Melalui surat peringatan yang dikeluarkan 10 Februari 2016 dengan nomor surat /K/KPI/02/16, KPI pun menyampaikan teguran untuk acara ini. “Program tersebut menampilkan adegan 2 (dua) orang pria yang mengendarai motor dengan keadaan mata tertutup. KPI Pusat menilai muatan demikian tidak dapat ditayangkan karena berbahaya dan berpotensi ditiru oleh khalayak yang menonton khususnya anak-anak dan remaja.” Begitu bunyi surat peringatan yang dikeluarkan oleh KPI.

KPI menilai adegan di acara Dhasyatnya Anak Jalanan tersebuut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012. KPI pun lantas memberikan teguran tertulis pada tayangan ini. “Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan memberikan peringatan agar saudara melakukan evaluasi internal atas program ini. Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program. ”

Sinetron Anak Jalanan sendiri kini memang tengah jadi sorotan banyak pihak. Selain karena rattingnya tinggi dan juga faktor pemeranya yang berwajah rupawan, sinteron ini juga dinilai memberikan pengaruh buruk pada generasi muda. Terakhir, netizen dihebohkan dengan dua anak SMP yang menirukan adegan mesra Boy dan Reva yang diperankan oleh Stefan William dan Natasha Wilona di sinetron tersebut.

Yuyun Nurhidayati Amalia

A woman who devote her life as a reader, observer, long life learner, film enthusiast and the avid fan of conspiracy theory.