Sukses Hebohkan Dunia, Ini Jawaban Soal Matematika SD Singapura

Setelah akhir pekan lalu menghebohkan dunia dengan soalnya yang rumit, kini misteri mengenai soal matematika disalah satu SD di Singapura terjawab sudah. Kenneth, sang pengunggah foto soal tersebut ke internet, akhirnya memberikan jawaban mengenai usia sosok Cheryl yang ada dalam soal tersebut. Terungkap soal tersebut ternyata setara dengan soal olimpiade untuk tingkat SMP, yang bahkan orang dewasa sendiri mengaku sulit untuk memecahkannya.

Sukses hebohkan dunia, ini jawaban soal matematika SD Singapura~kesekolah.com
Sukses hebohkan dunia, ini jawaban soal matematika SD Singapura~kesekolah.com

Seperti dalam foto yang diunggah Kenneth, seorang presenter ternama Singapura, terdapat soal yang mencari tahu usia sebenarnya dari Cheryl, salah satu tokoh dalam soal tersebut, yang tak ingin mengungkapkan tanggal ulang tahunnya pada kedua temannya Albert dan Bernard. Mereka hanya diberikan pilihan berupa tanggal yang menjadi kemungkinan tanggal lahir asli dari Cheryl.

Ini soal matematika yang diunggah Kenneth Kong~facebook.com/kennethkong
Ini soal matematika yang diunggah Kenneth Kong~facebook.com/kennethkong

Jika diartikan, soal tersebut sebagai berikut “Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl dan mereka ingin mengetahui ulang tahunnya. Cheryl lalu memberikan 10 pilihan yaitu: 15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus dan 17 Agustus. Cheryl mengatakan kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang tanggal dan bulan ulang tahunnya secara berurutan. Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan:
Albert: Aku tak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi aku yakin Bernard tidak tahu juga
Bernard: Awalnya aku tak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi sekarang aku tahu
Albert: Berarti aku juga tahu ulang tahun Cheryl
Jadi, kapankah ulang tahun Cheryl“.

Orang-orang pun mulai berlomba-lomba menyelesaikan soal tersebut dengan pendapat masing-masing. Tak ayal, sama seperti gaun emas-putih biru-hitam, soal inipun menimbulkan perdebatan publik mengenai tanggal yang pas untuk ulang tahun Cheryl. Namun, pada akhirnya sang pengunggah soalpun memberikan jawabannya.

Inilah jawaban dari soal matematika tersebut~facebook.com/kennethkong
Inilah jawaban dari soal matematika tersebut~facebook.com/kennethkong

Dilansir dari kapanlagi.com berikut penjelasannya “Bila ulang tahun Cheryl adalah 18 Juni atau 19 Mei, maka Bernard yang diberitahu angka pasti akan langsung tahu karena kedua angka itu tak ada pada tanggal lain. Sehingga tersisa delapan opsi jawaban. Dan bila Albert yang diberitahu bulan jawabannya adalah Mei atau Juni, maka Albert tak mungkin bisa menjawab kalau Bernard juga tak tahu. Sehingga besar kemungkinan Albert diberitahu bulan kelahiran Cheryl antara Juli atau Agustus. Sehingga sisa jawaban kini tinggal lima yakni 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus dan 17 Agustus.

Nah di sini mulai sulitnya karena menggunakan teori kemungkinan. Dari perkataan Albert, Bernard tahu jika Albert mendapat jawaban Juli atau Agustus. Namun jika Bernard diberi jawaban tanggal 14 maka masih ada kebingungan apakah 14 Juli atau 14 Agustus. Sehingga sisa kemungkinan tinggal 16 Juli, 15 Agustus dan 17 Agustus. Dari keyakinan Bernard, Albert tahu bahwa tanggalnya bukan 14.

Namun jika bulannya adalah Agustus, maka masih ada 15 Agustus atau 17 Agustus. Sehingga kemungkinan terakhir adalah ulang tahunnya bulan Juli. Dan dengan hilangnya tanggal 14, maka jawaban tersisa satu yakni 16 Juli yang merupakan ulang tahun Cheryl.

Pertanyaan matematika tersebut memang memerlukan logika yang kuat untuk menyelesaikannya. Tak tanggung-tanggung, soal ini ternyata memiliki tingkat kesulitan setara soal olimpiade matematika SMP, jadi wajar saja masih banyak orang yang kesulitan memecahkan soal tersebut. Bagaimana? Sudah mengerti jawabannya? Atau anda punya jawaban lain? Silahkan tinggalkan jawaban anda pada kolom komentar.

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.