Tenar Di Zamannya, Kentung ‘Tuyul Dan Mbak Yul’ Meninggal Dunia Dalam Kondisi Miris

Bagi para generasi tahun 90an hingga 2000an awal, serial tv ‘Tuyul dan Mbak Yul’ tentunya sangat lekat dalam ingatan. Menampilkan Ony Syahrial sebagai bintang utama, aksi jenaka dari si Tuyul dan kawan-kawan selalu mengundang tawa para penontonnya, terlebih ketika muncul bersama sosok Kentung, jin yang kerap membantu Ony kala dikejar-kejar musuh bebuyutannya.

Tenar Di Zamannya, Kentung 'Tuyul Dan Mbak Yul' Meninggal Dunia Dalam Kondisi Miris ~ wowkeren.com
Tenar Di Zamannya, Kentung ‘Tuyul Dan Mbak Yul’ Meninggal Dunia Dalam Kondisi Miris ~ wowkeren.com

Adalah Bambang Triyono, nama asli dari pemeran Kentung ini. Sosoknya yang tambun sering kali nangkring di serial tv ‘Tuyul dan Mbak Yul’ dan memberi kelucuan sendiri bagi serial tv yang begitu tenar pada tahun 2000an tersebut. Memiliki peran dalam membantu Oni Syahrial sebagai tuyul insyaf, nyatanya sosok Kentung banyak digemari anak-anak pada masa itu.

Sayang, lama tak muncul dilayar kaca, Bambang kini muncul tinggal nama setelah dinyatakan meninggal pada bulan Februari silam. Hidup dalam keterbatasan ekonomi pasca menikmati ketenaran dimasanya, membuat Bambang harus merasakan sengsaranya hidup susah terlebih ditengah penyakit stroke yang dideritanya, penyakit ini pula yang ikut merenggut nyawa Bambang saat itu.

Kondisi Bambang Triyono 'Kentung' yang sempat diabadikan dalam foto ~ facebook.com/Feriawan Agung Nugroho
Kondisi Bambang Triyono ‘Kentung’ yang sempat diabadikan dalam foto ~ facebook.com/Feriawan Agung Nugroho

Dari seorang pegawai Dinas Sosial DIY, Feriawan Agung Nugroho, Bambang diketahui menetap di daerah Sleman, Yogyakarta, disebuah kost sempit dan dalam kondisi yang sungguh memprihatinkan. Pada tahun 2010, Bambang diceraikan oleh sang istri lantaran sudah tak mampu lagi bekerja. Dalam keterangannya pula, pegawai Dinas Sosial DIY tersebut mengakui bahwa kondisi Bambang saat masih hidup memang begitu miris untuk dilihat.

Istilahnya ya serba kekurangan, serba memprihatinkan. Saya kaget itu. Ini bener Kentung atau bukan. Apakah ini jangan-jangan KW (palsu) atau cuma mirip. Tapi ternyata memang dia” ujarnya. Lebih dari itu, pegawai tersebut juga sempat memberikan gambaran mengenai kondisi kost yang ditempati oleh Bambang, “Kamar tidurnya satu kost-kostan yang baunya, nyuwun sewu (permisi), agak pesing-pesing gitu. Kemudian juga kondisinya tidak terlalu bagus” ujarnya lagi. Kini, Bambang diketahui telah dimakamkan didaerah Bantul, Yogyakarta.

Fahmi Sahru Ramadhan

Pengemis Intelektual, Coffee Lover and Hater at the same time...